RESENSI FILM Alien: Covenant, Teror Mengerikan Makhluk Luar Angkasa Berlanjut

Andira Putri | 10 Mei 2017 | 14:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alien: Covenant menjadi franchise film Alien terbaru yang dikembangkan Ridley Scott. Setelah trilogi Alien sukses dekade lalu, Ridley Scott memutuskan untuk membuat prekuelnya.

Alien: Covenant merupakan film kedua dari prekuel franchise ini setelah Prometheus (2012). Sesuai dengan judul, kisahnya fokus pada misi para kru pesawat luar angkasa Covenant. Mereka ingin mencapai planet Origae-6 sambil membawa banyak manusia untuk menetap disana.

Namun, misi mereka mengalami perubahan. Kepala pilot Tennessee (Danny McBride) menangkap sinyal asing di tengah perjalanan. Sinyal tersebut ternyata berasal dari sebuah planet yang berada dekat mereka. Kru Covenant mendapat informasi jika planet tersebut juga layak tinggal seperti Origae-6.

Kapten Christopher Oram (Billy Crudup) pun menginstrusikan mereka pindah haluan. Keputusan ini sempat diprotes wakil kapten Daniels (Christine Wasterston) meski ia akhirnya menurut. Beberapa kru Covenant turun dari pesawat dan melakukan ekspedisi di planet tersebut.

Malang nasib mereka karena ada sekumpulan alien ganas yang mengintai. Selain itu, planet tersebut ternyata juga berhubungan dengan masa lalu anggota Covenant, android Walter (Michael Fassbender). Mampukah mereka menyelamatkan diri?

Alien: Covenant berbagi unsur horror dan drama dalam 120 menit durasi. Penampakan alien sebetulnya tidak muncul secara intens. Ridley Scott memilih untuk menyajikan ketegangan lewat suasana. Gambaran planet sepi dan sunyi terasa janggal bagi penonton. Begitu pula pemandangan luar angkasa yang luas tampak menakutkan.

Ketegangan juga muncul dari unsur drama. Kru Covenant diceritakan mengalami pergulatan batin dan konflik. Akting baik membuat kepanikan mereka terasa nyata.

Rasa takut memuncak saat alien akhirnya muncul. Serangan dan transformasi mereka hadir secara mengerikan. Apalagi adegan alien pertama kali muncul dari dalam tubuh manusia. Anda perlu berhati-hati karena banyak muatan sadis dalam Alien: Covenant.

Sayang, teror alien sendiri cenderung singkat di samping menjadi judul film. Alien harus berbagi aksi menebar teror dengan pemeran utama lain, yaitu Michael Fassbender. Tanpa bermaksud spoiler, Michael Fassbender mampu menghadirkan dua kepribadian berbeda sepanjang film.

Dalam Alien: Covenant, Michael Fassbender terkadang tampil penuh kebingungan dan pertanyaan. Tetapi di sisi lain, Michael Fassbender juga bisa menjadi sosok yang dingin dan kejam. Ternyata aksinya tidak kalah jahat dari serangan alien.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait