(RESENSI FILM) Peter Rabbit: Menyenangkan Berkat Pemilihan Musiknya!

Wayan Diananto | 4 Maret 2018 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kadang, sebuah film dibuat hanya untuk membuat penonton terhibur dan memiliki perasaan positif.

Selama Anda merasakan dua hal itu, kecerdasan dialog dan penokohan tidak penting lagi. Itu kami rasakan saat menyaksikan Peter Rabbit.

Uniknya, perasaan positif yang kami dapat bersumber dari kisah yang awalnya memiliki emosi negatif.

Salah satu karyawan terbaik Harrod's Department Store, Thomas (Domnhall), dipanggil oleh General Manager (Marianne).

Thomas menduga akan mendapat kenaikan jabatan. Sayang, jabatan yang diincarnya diberikan kepada karyawan lain, yang notabene kerabat pemilik Harrod's.

Kecewa karena merasa kerja kerasnya diabaikan perusahaan, Thomas mengamuk. Aksi Thomas berujung pada pemecatan. Ia kemudian pulang ke rumah warisan milik pamannya, Tommy Brock (Sam).

Tommy, yang meninggal akibat serangan jantung, memiliki sebuah rumah dengan kebun yang luas. Kebun itu ditanami aneka sayur dan buah. Hasil panen kebun Tommy kerap dicuri Peter Rabbit (James) dan teman-temannya. Semasa hidup, Tommy musuh besar Peter. Tetangga Tommy, Bea (Rose), mengingatkan agar jangan terlalu pelit kepada hewan mengingat desa ini dulunya perkebunan luas yang dihuni beragam satwa.

Perubahan iklim dan cinta kasih menjadi tema utama Peter Rabbit. Itu digarisbawahi lewat dialog klise, “Kita meminjam bumi ini dari anak cucu kita.”

Dialog lain yang tak kalah menyentuh, “Cinta itu tidak terbatas. Ia tidak akan habis meski kau membaginya dengan orang lain.” 

Semangat positif juga didapat dari cara penulis naskah membiarkan karakter utama beberapa kali terjatuh oleh sifatnya sendiri. Sementara tokoh pendukung berada di level lebih tinggi untuk menolong. Namun kekuatan utama film ini menurut kami, kejelian penata musik memilih lagu. 

Sejumlah lagu yang muncul mencerminkan referensi musik yang majemuk, melintasi genre, ruang, dan waktu. Dari lagu tema khusus buat film ini seperti “Small as Your Dream” hingga lagu-lagu yang pernah populer pada masanya seperti “Flashdance… What a Feeling” dan “Fight Song” milik Rachel Platten. Deretan lagu ini bagaikan pewarna alami yang menari di atas kanvas naskah. 

Pemain : James Corden, Domhnall Gleeson, Rose Byrne, Sam Neill, Marianne Jean-Baptiste

Produser : Zareh Nalbandian, Will Gluck

Sutradara : Will Gluck

Penulis : Rob Lieber, Will Gluck

Produksi : Columbia Pictures

Durasi : 1 jam, 35 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait