Ario Bayu: Gaya Hidup "Cashless" Meringankan Hidup

Wayan Diananto | 29 Juli 2018 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masa kini, orang lebih baik ketinggalan dompet ketimbang ponsel pintar. Alasannya, ponsel bukan hanya alat untuk berkomunikasi tapi juga bertransaksi.

Dengan ponsel, Anda bisa memindai kode batang pada aplikasi untuk membeli tiket pesawat, tiket menonton film, hingga secangkir kopi. Ario Bayu (33) membenarkan hal itu. Menurutnya, teknologi membantu hidup manusia menjadi lebih ringan.

“Menurut saya, bukan tidak mungkin ke depan, evolusi gaya hidup akan menjadi semudah itu. Orang beraktivitas dibantu teknologi aplikasi, robot, dan semakin cashless. Saya tidak terlalu paham dunia perbankan, namun transaksi jadi semakin simpel dengan konsep cashless, tanpa harus menggunakan uang tunai,” ungkap Ario di Jakarta Selatan, pekan lalu.

Bintang film The Tarix Jabrix dan Laskar Pelangi mencontohkan mudahnya bertransaksi tanpa uang tunai. Tiket menonton film bisa diperoleh lewat aplikasi jaringan bioskop. Aplikasi ojek daring pun kini menyediakan informasi film, daftar bioskop yang menayangkan, jam main, hingga ketersediaan kursi. Asal punya saldo, Anda bisa beli tiket tanpa antre.

“Tiba di bioskop, kita tinggal mencetak tiket. Ponsel saya isinya bukan hanya aplikasi perbankan atau m-banking, ada juga aplikasi toko daring,” Ario memaparkan. Melihat barang, kini tidak harus di toko. Aplikasi toko daring menyediakan foto barang dari berbagai sisi yang memungkinkan konsumen melihat dari banyak sudut.

“Akhirnya, apa pun yang berbasis daring (sejauh ini) lebih memudahkan proses jual beli,” sambung dia.

Problem paling mendasar dalam mengunduh aplikasi, kita kerap mengunduh tanpa mempertimbangkan manfaat jangka panjang. Akibatnya, banyak aplikasi sekadar menjadi pajangan padahal jarang bahkan tidak digunakan. Ini membuat ponsel kelebihan beban. Karenanya, sebelum mengunduh, Ario mengajukan setidaknya dua pertanyaan kepada diri sendiri.

“Saya mengunduh aplikasi bukan karena ikut-ikutan orang lain. Saya juga tidak mengikuti perkembangan teknologi setiap saat. Poin pentingnya, apakah aplikasi dan teknologi perbankan ini saya butuhkan? Apakah itu meringankan hidup saya sehari-hari? Jika ya, saya mengunduh. Tanpa uang tunai, hidup memang terasa lebih praktis, aman, dan nyaman,” Ario berpendapat. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait