Peka Dong! Seseorang Tidak Menyukai Anda Kalau Menunjukkan Gesture Seperti Ini

Alam Mary | 26 April 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anda datang ke suatu tempat. Ke sekolah anak, kantin kantor, atau ke sebuah undangan pesta. Di sana sudah lebih dulu banyak orang berkumpul. Anda mengenal beberapa di antaranya. Tanpa keraguan, Anda mendatangi salah satunya dengan sapaan ramah. Bahkan duduk di dekatnya, kemudian memulai obrolan. Dalam pikiran Anda, daripada sendirian, mengapa tidak bersama-sama saja pada kesempatan yang indah ini?

Satu hal yang mungkin tidak disadari, tidak semua orang senang hati dihampiri dan ditemani oleh kita, lo. Tidak selalu karena kita bersalah atau bermasalah. Tapi memang ada sebagian orang yang tidak bisa saja beramah-tamah. Akhirnya muncul perasaan tidak suka atau bahkan terganggu dengan kehadiran orang lain.

Maka dibutuhkan kepekaan agar segera memasang mode kalem dan pergi berlalu saat dihadapkan dengan seseorang yang tidak menyukai kita. Jangan membuang waktu percuma dan menghabiskan energi keceriaan Anda untuk orang yang tidak tepat. Berikut 6 bahasa tubuh atau gesture tidak suka yang akan diperlihatkan oleh mereka.

1. Raut wajah mereka langsung menurun ketika melihat Anda

Saat Anda memandang atau menyapa seseorang, kemudian Anda melihat orang tersebut menampilkan raut wajah seperti ini, maka segera urungkan niat menghampiri. Langsung lambaikan tangan saja, beri tanda basa-basi pamit ke tempat lain. Karena ekspresi wajah yang menurun menandakan sikap tidak antusias atau tidak berminat terhadap sesuatu. 

2. Mereka mengatupkan bibir erat-erat saat berinteraksi dengan Anda

Anda mungkin kurang peka menyadari penolakan awal seperti pada poin pertama di atas. Anda tetap saja mengobrol dengan antusias. Namun pasti sekali waktu Anda akan melihat bagaimana reaksi lawan bicara. Jika Anda melihat orang yang diajak mengobrol malah mengatupkan bibirnya, itu tanda mereka malas memberikan tanggapan. Paling bagus, mereka hanya akan melengkapi respons dengan anggukan kecil.

3. Mereka tidak pernah benar-benar menatap Anda

Ada saja yang mereka pandangi, pokoknya selain Anda. Fokus memainkan ponselnya, melihat ke arah lain, atau sekadar melempar pandangan mata ke atas. Segera hentikan bicara Anda ketika mendapati respons seperti, kemudian pamit pergi.

4. Mereka menutup mata dan mengusap-usap batang hidungnya ketika Anda mulai berbicara serius

Saking ekspresifnya, tanpa sengaja meluncurlah cerita-cerita pengalaman yang menurut Anda inspiratif. Anda merasa tidak ada yang salah dari upaya memberi masukan atau saran-saran kecil, karena itu bagian dari bersosialisasi dan beramah tamah, bukan? Tapi ketika respons yang nampak seperti disebutkan dalam poin ke-4 ini, artinya lawan bicara benar-benar terganggu dan berharap Anda berhenti bicara.

5. Mereka menggoyang-goyangkan kaki dengan sedikit agresif

Tentu kita bisa membedakan goyangan kaki yang sekadar iseng dengan goyangan kaki karena sedang menahan kesal. Jika seseorang yang Anda dekati memperlihatkan bahasa tubuh goyangan kaki yang cukup agresif, maka cukup jadikan ini tanda agar Anda segera pergi menjauh. Hargai diri Anda sendiri.

6. Mereka mengeraskan rahang dan terlihat marah

Oh, ini sih sudah tentu tanda yang sangat jelas. Cepat-cepat menjauh saja. Anda akan terkesan sangat lugu jika terus memaksakan diri berinteraksi dengan mereka yang jelas-jelas tidak suka.

Penulis : Alam Mary
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait