3 Cara Paling Efektif untuk Membangun Kepercayaan dalam Pernikahan

Wida Kriswanti | 23 September 2022 | 23:59 WIB

Salah satu kunci pernikahan yang sehat dan bahagia adalah adanya rasa percaya satu sama lain antara suami dan istri. Tidak mudah dan membutuhkan proses panjang untuk bisa meraih level saling percaya yang 'otomatis'. Namun sebagai pasangan yang sudah berkomitmen untuk hidup bersama selama-lamanya, tidak salah mengupayakannya sedini mungkin. 

Dilansir dari Loving at Your Best, ada 3 cara paling efektif dan terbukti berhasil membangun kepercayaan antara suami-istri. Berikut ini uraiannya.

1. Komunikasi yang transparan

Ini artinya, jangan menutup-nutupi sesuatu, jangan pula melebih-lebihkan sesuatu saat berbicara dengan pasangan. Katakan yang sebenar-benarnya, sejujur-jujurnya, tidak dikurangi atau ditambah. 

2. Konsisten antara ucapan dan perbuatan

Salah satu cara paling mudah untuk membuat orang kembali percaya, adalah ketika ucapan dibuktikan lewat perbuatan. Sekali muncul ketidaksesuaian, perkataan apa pun semakin sulit untuk dipercaya ke depannya. 

3. Melangkah maju bersama

Dalam menjalani pernikahan juga ada yang dinamakan move on. Artinya, ketika pernah berkonflik atau salah satu pihak melakukan kesalahan dan telah berdamai, jangan pernah gatal untuk mengungkit-ungkitnya di kemudian hari. Majulah terus ke depan, selalu tutup buku setiap masalah yang telah lalu.

 

 

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait