TABLOIDBINTANG.COM -  Siapa sih yang tak kenal Pulau Lombok? Pulau dengan julukan Surga Dunia ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk mengisi liburan, seperti ketika liburan musim panas. Namun, pulau kecil ini juga memiliki tempat wisata kuliner tradisional yang akan menyihir lidah karena kelezatannya. Berikut rekomendasi kuliner tradisional khas Lombok.

  1. Rumah Makan Inaq Esun

Rumah makan Inaq Esun terkenal akan menu nasi puyungnya. Nasi puyung adalah hidangan berupa nasi putih dengan lauk berupa kentang goreng kremes, sambal daging, biji kedelai yang digoreng, dan sambal dari cabai Sebie Beaq hasil racikan Suku Sasak. Nasi puyung atau nasi balap ini dibentuk tumpeng dan dibungkus dengan daun pisang. Rumah makan ini ada di kawasan Lingkung Daya Puyung, Jonggat, Lombok Pusat

  1. Warung Satai Rembiga Utama

Salah satu satai khas Lombok adalah satai rembiga. Satai ini berbahan dasar daging sapi yang disiram bumbu dengan campuran rasa gurih, manis, dan pedas khas Suku Sasak. Salah satu rumah makan tradisional dengan sajian satai rembiga yang enak adalah Warung Sate Rembiga Utama yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5, Rembiga, Kota Mataram.

  1. Rumah Makan Dua Em-Bersaudara

Menu andalan rumah makan ini adalah pelecing kangkung. Pelecing kangkung terbuat dari kangkung yang direbus dan disiram dengan sambal tomat pedas. Kenikmatan pelecing kangkung ini ada pada sambal tomat pedas yang menggunakan terasi khas Lombok. Disajikan dengan sepiring nasi putih yang masih mengepul, dijamin lidah Anda akan dibuat bergoyang.

  1. Kawasan Pasar Tanjung

Di sepanjang jalan kawasan pasar ini, berjejer satai khas Lombok, satai tanjung. Satai tanjung berbahan dasar daging ikan yang disajikan di atas gurihnya opak singkong. Dengan rasa pedas manis yang ada pada bumbunya, satai tanjung sangat cocok disantap bersama urap, pelecing kangkung, dan lontong. Kenikmatan satai ini jelas tidak kalah dibandingkan sate ayam maupun kambing.

  1. Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Ayam taliwang biasanya disajikan dalam bentuk potongan maupun ayam utuh. Ayam ini lalu diberi bumbu rempah pedas, kemudian dibakar atau digoreng, dan disantap dengan sepiring nasi putih panas. Salah satu rumah makan ayam taliwang enak adalah milik Pak Udin yang beralamat di Jl. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Mataram.

Tak afdal rasanya berwisata ke Pulau Lombok tanpa pernah menjajal kuliner khas pulau tersebut. Tentunya, untuk mencoba semua kuliner khas Lombok, Anda akan membutuhkan bujet tersendiri. Anda bisa menyiasatinya dengan menghemat biaya akomodasi, yaitu dengan memilih hotel murah di Lombok tanpa mengesampingkan fasilitasnya yang nyaman.

Untuk mendapatkan hotel dengan kriteria tersebut, Anda bisa memilih Airy Rooms. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan kamar ber-AC, tidur di tempat tidur bersih dan empuk, sembari menonton televisi. Kamar-kamar ini juga dilengkapi dengan air hangat, perlengkapan mandi yang lengkap, free air minum, dan juga fasilitas Wi-Fi untuk mendukung eksistensi Anda di dunia digital.

zoom

Selain itu, memesan kamar di Airy Rooms sangat mudah, hanya dengan satu aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play atau App Store. Ditambah lagi dengan metode pembayaran yang fleksibel dan beragam, bisa melalui transfer antar bank, menggunakan kartu kredit, atau di gerai Indomaret mana saja.

Murah, mudah, dan cepat. Airy Rooms adalah pilihan tepat untuk libur lebaran Anda.  

 

(adv / wida)