Lukman Sardi Belajar Banyak dari Kisah Amir Hamzah

Abdul Rahman Syaukani | 14 Januari 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lukman Sardi dipercaya untuk memerankan karakter Amir Hamzah dalam pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi. Pertunjukan ini berkisah tentang kehidupan penyair kenamaan Amir Hamzah.

Sebagai seorang aktor, Lukman Sardi tentu saja tidak terlalu sulit memerankan karakter Amir Hamzah. Namun sebagai pribadi, Lukman Sardi mengaku banyak hal yang dipelajarinya.

"Ini kerjasama pertama kali saya dengan Mas Is (sutradara). Saya merasa keluarga baru, dan ini memberikan pelajaran-pelajar luar biasa buat saya pribadi. Bukan dari sisi keaktoran tapi kemanusiaan," kata Lukman Sardi dalam jumpa pers di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1).

Lukman Sardi mengaku banyak belajar tentang luasnya hati dan cinta sosok Amir Hamzah. Dia menepikan perasaan dendam dan memupuk dalam dalam perasaan cinta dan memaafkan.

"Amir Hamzah mengajarkan untuk saling memaafkan, nah itu kan yang jadi sangat menarik di tengah situasi yang seperti itu. Sampai dia meninggal kan sangat ironis bahwa dia meninggal di tangan orang-orang yang dia cintai dan perjuangkan, tapi dia enggak pernah yang menuntut bahwa dirinya benar," paparnya.

Selain dari kisah hidup dan perjalanan ruang sunyinya, Lukman Sardi juga mengaku banyak belajar tentang kosa kata yang sempat dituangkan Amir Hamzah dalam karya sastra.

"Dari puisi-puisinya kan yang menarik adalah justru aku banyak nemuin bahasa-bahasa yang kaya, kayak lampus dan segala macamnya. Itu kan bahasa-bahasa yang sebenarnya kita enggak pernah ucapin," tuturnya.

"Dan itu membuat kita kayak punya ketertarikan untuk mencari dan akhirnya tahu gitu. Dan itu juga menunjukkan kepada anak-anak Indonesia bahwa sebenarnya bahasa Indonesia itu begitu indah, begitu menarik, kaya banget bahasa-bahasa itu," imbuh Lukman Sardi.

(man/ari)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait