Solusi Menghemat Energi di Rumah

HOME LIVING | 4 April 2017 | 11:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratna Darmawan dari SSALighting, sebagai konsultan lighting memberikan saran tentang upaya hemat energi yang ia aplikasikan dalam tiap proyek residensial premium.

“Rumah yang sangat luas, dan hanya mengandalkan listrik untuk penerangan. Bisa membuat tagihan melonjak,” kata Ratna.

Dengan menerapkan pendekatan passive building, rumah tinggal didesain untuk meminimalkan penggunaan energi.

Kanopi-kanopi besar membuat cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam bangunan, sehingga tidak memanaskan bagian dalam bangunan seperti efek rumah kaca.

Cahaya yang terhalang kanopi akan memberikan bias yang menerangi dalam bangunan dan membantu meminimalisasi penggunaan lampu dan AC.

Kanopi yang menaungi ventilasi,menjadi peneduh bagi ruang-ruang semi outdoor, sehingga cocok untuk tempat santai seperti ruang olah raga semi outdoor atau area berbeque.  

Ia mengandalkan LED lampu untuk keseluruhan area.

”Saya menggunakan lampu LED dengan tampilan halogen. Untuk  lampu general, accent dan night lamp di dalam rumah. Semuanya dilengkapi dimmer untuk mengatur tingkat cahaya,” tambah Ratna.

http://media.mbigroup.co.id/files/large/ac3b33e751318c5cbb916973e5896b19.jpg

Dari bagian luar, Yori Antar (arsitek) membuat kamuflase bangunan dengan membuat bangunan seolah-olah hanya satu lantai.

Desainnya tidak banyak menggunakan dinding masif, tetapi ia mengkombinasikan  material kulit batu candi hitam seperti black box di fasad depan untuk kesan misterius dan material modern seperti kaca, beton, dan baja membuat bangunan terlihat transparan.

“Pencahayaan fasad bangunan saya beri efek soft dan elegan, sedangkan area taman berefek silluet terutama di perimeter. Agar bangunan terlihat bagus,” tambah Ratna.

 

HOME LIVING

 

 

Penulis : HOME LIVING
Editor: HOME LIVING
Berita Terkait