Masuk Musim Hujan, Hati-Hati Dinding Rembes, Ini Beberapa Faktor Penyebabnya

HOME.CO.ID | 3 Oktober 2020 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain atap bocor, satu masalah yang kerap ditemui penghuni rumah saat musim hujan adalah rembesnya air melalui permukaan dinding. Masalah ini umumnya telat disadari karena secara kasat mata, penghuni tidak melihat celah atau retakan pada permukaan dinding rumahnya. Parahnya lagi, hal ini juga akan menimbulkan masalah lain jika dibiarkan. Noda pada dinding dan tumbuhnya jamur serta lumut adalah beberapa masalah di antaranya.

Mengatasi masalah dinding yang bocor sebenarnya mudah jika Anda mengetahui sumber dan penyebab rembesnya. Tapi jika tidak, Anda pasti akan kerepotan.

Berikut ada beberapa faktor yang bisa membuat air merembes ke dinding rumah Anda.

Retak Rambut
Retak rambut jarang disadari pemilik rumah karena hal ini tidak akan terlihat jika Anda tidak benar-benar atau secara detail memperhatikannya. Hal ini juga yang biasanya jadi penyebab utama rembesnya air ke permukaan dinding bagian dalam. Untuk mengatasinya, Anda harus mengupas bagian retak kemudian diberi kompon atau plamir dinding dan waterproofing. 

Jalur air pada dinding
Penyebab lain yang bisa membuat dinding rembes adalah jalur air. Jalur atau aliran air hujan yang melintasi dinding secara terus-menerus akan membuat lapisan dinding keropos sehingga menyerap air. Hal ini biasanya disebabkan oleh talang air atau dag beton yang bocor. Sehingga aliran air masuk ke dinding. Maka itu, mencari sumber kebocoran dan memperbaikinya adalah cara efektif untuk menuntaskan dinding yang rembes akibat adanya jalur air pada dinding.

Belum diplester
Belum adanya plesteran pada dinding luar tentu dapat membuat air dengan mudah merembes ke bagian dalam tembok. Jika ini sumber masalahnya, maka memplester dinding bagian luar adalah cara paling ampuh untuk mengatasi dinding rembes di bagian dalam. Intinya, tuntaskan pengerjaan dinding bagian luar rumah Anda.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait