Yang Perlu Diketahui Sebelum Menghindari Gluten dan Produk Turunan Susu

Rizki Adis Abeba | 15 Januari 2019 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Produk makanan bebas gluten dan bebas produk turunan susu makin populer beberapa tahun belakangan. Beberapa seleb, seperti Kourtney Kardashian dan Kate Hudson dikenal sangat ketat menghindari produk makanan yang mengandung gluten dan susu dengan alasan kesehatan dan menghindari alergi. 

Di sisi lain, studi yang dirilis di kumpulan jurnal kesehatan JAMA Network Open mengemukakan bahwa saat ini banyak orang yang terlalu takut mengonsumsi makanan jenis tertentu tanpa alasan yang kuat, termasuk pemahaman soal alergi dan intoleransi makanan. Sebelum Anda mengikuti jejak Kourtney Kardashian dan Kate Hudson, apakah Anda sudah paham betul mengenai alergi makanan?

Setelah mengumpulkan data dari 40 ribu orang dewasa di AS, para peneliti mendapatkan 19 persen orang meyakini dirinya mempunyai alergi makanan, padahal setelah dilakukan pemeriksaan hanya 10 persen dari mereka yang benar-benar mengalami alergi.

"Kami menemukan hanya satu dari 10 orang dewasa yang mengidap alergi makanan,  hampir dua kali lipatnya berpikir mereka mengalami alergi makanan. Padahal gejala-gejala yang mereka rasakan mengarah ke intoleransi makanan atau gangguan lain yang berhubungan dengan makanan," ungkap Ruchi Gupta, MD, MPH, kepala penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinbergh, Chicago, AS.

Gluten dan susu memang menjadi zat yang seringkali memicu alergi. Namun jika ternyata Anda tidak alergi pada gluten dan prduk turunan susu, maka sebenarnya tidak perlu menghindarinya. 

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait