Saat Berpuasa Jangan Lupa Konsumsi Vitamin C, Ini Manfaatnya

Panditio Rayendra | 12 Mei 2019 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menunaikan ibadah puasa memerlukan kesiapan fisik dan mental karena harus bertahan untuk tidak makan dan minum sekitar 13,5 jam. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik pada saat sahur dan berbuka dapat mengurangi resiko lemas ataupun kekurangan energi di saat menjalani ibadah puasa.

Menu Sahur dan Berbuka
Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat gula darah stabil, sehingga baik untuk tubuh.  Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus. Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, lemak jenis ini membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Untuk berbuka, hindari makanan berat yang dapat membuat perut tidak nyaman. Batalkan puasa Anda dengan minuman sehat yang mengandung gula alami seperti jus buah atau berbukalah dengan teh yang mengandung gula rendah kalori


Pentingnya Asupan Vitamin
Jika Anda sudah pintar memilih dan mengatur menu makan sahur dan berbuka yang memiliki kecukupan nilai nutrisi agar tetap sehat dan fit selama berpuasa. Jangan lupakan mengonsumsi vitamin karena dapat membantu menjaga kondisi tubuh dan mempertahankan kebugaran selama menjalankan ibadah puasa. Ada berbagai macam vitamin yang dapat dipilih agar tetap bugar dan sehat ketika berpuasa, pilihan vitamin yang tepat akan memberi manfaat terbaik Anda yang rutin  mengkonsumsinya.

Pentingnya Vitamin C
Mengonsumsi vitamin C dapat menjadi pilihan paling sederhana untuk menjaga kondisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa, vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko sakit ketika berpuasa. Dengan demikian, vitamin C perlu untuk melengkapi menu sahur maupun berbuka. Sebagai sumber energi tubuh vitamin C sangat membantu tubuh agar tidak cepat merasa lelah ataupun lesu. Bagi wanita, jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah 75 miligram. Sementara itu, bagi kaum adam sebanyak 90 miligram. Vitamin C dapat ditemukan dalam asupan buah-buahan atau sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian saat puasa. Anda juga bisa menyempurnakannya dengan suplemen vitamin C.

(ray / ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait