Orang Tua Juga Harus Paham Cara Mengoperasikan Gim Video Anak, Mengapa?

Rizki Adis Abeba | 20 Februari 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak anak menjadi target penipuan dan kejahatan yang dimulai dari komunikasi lewat media sosial dan kini berkembang melalui gim video yang dimainkan secara daring. Ini sebabnya, orang tua zaman sekarang ditantang untuk berhadapan dengan teknologi termasuk gim video.

Yang perlu menjadi perhatian orang tua adalah kemungkinan anak berkomunikasi dengan orang asing secara daring. “Ketika Anda mempunyai gim video yang membuat anak bisa berkomunikasi secara global dan mereka menggunakan mikrofon untuk bicara dengan orang asing, Anda tidak akan tahu apa saja yang mereka bicarakan,” Dana Watson, psikolog klinis di Families Inc., peyedia layananan konsultasi psikologi anak dan keluarga di Jonesboro, Arkansas, AS, memperingatkan.

Masalahnya, ketika sudah mencapai tahap kecanduan bermain, anak bisa sangat terikat dan percaya dengan teman virtualnya yang dikenal lewat gim video ketimbang orang-orang di sekitarnya, termasuk Anda. “Dan akan lebih sulit bagi Anda menjauhkan anak dari sesuatu yang sudah terlanjur menyita perhatian mereka,” kata Dana Watson.

Untuk mencegah adanya potrensi bahaya dari gim video daring, Dana Watson menyarankan agar orang tua juga perlu menguasai teknologi gim video yang dimainkan anak. “Ketahuilah alat-alat (permainan) milik anak. Kuasai (cara pengoperasiannya) lebih baik dari yang bisa dilakukan anak,” saran Dana Watson.

Dengan menguasai cara penggunaan mainan anak, Anda akan lebih berhati-hati ketika anak berkomunikasi dengan seseorang melalui gim video dan waspada terhadap bahaya-bahaya lain yang mengintai anak.

( riz / ray )

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait