Ada Video Instruksi Bunuh Diri untuk Anak-Anak di YouTube, Orang Tua Harus Waspada

Rizki Adis Abeba | 25 Februari 2019 | 17:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski aplikasi pemutar video, YouTube, telah menyediakan platform khusus anak, Youtube Kids, rupanya aplikasi ini belum seratus persen aman bagi anak. Para orang tua di Amerika Serikat tengah dihebohkan oleh munculnya video yang sangat berbahaya bagi anak. Meski dikemas dengan gaya tontonan anak, video ini mempertontonkan seorang pria yang memberikan instruksi bagi anak untuk bunuh diri.

“Saya sangat terkejut,” kata dr. Free Hess, dokter anak sekaligus ibu dari dua orang anak asal Ocala, Florida, Amerika Serikat. Menurut dr. Free Hess, video tersebut sering muncul di antara video kartun seperti Splatoon (gim video penembak yang dirancang oleh Nintendo) dan diunggah baik di aplikasi YouTube maupun YouTube Kids.

Video tersebut menampilkan seorang YouTuber bernama Filthy Frank yang memperagakan adegan seolah-olah sedang memegang pisau dan memperagakan cara bunuh diri. “Ingat, anak-anak. Ke samping untuk (menarik) perhatian. Lebih jauh untuk mendapatkan hasilnya. Akhiri ini,” kata Filthy Frank sambil memeragakan gerakan memotong lengan.

Tentu saja, video ini sangat meresahkan orang tua. “Saya rasa ini sangat berbahaya untuk anak-anak kita,” kata Free Hess dalam wawancara telepon dengan The Washington Post pada Minggu (24/02).

Keberadaan internet dan YouTube mau tak mau harus dihadapi oleh orang tua dan anak-anak zaman sekarang. Namun orang tua tidak boleh lengah dalam mengawasi penggunaan YouTube oleh anak-anak.

“Saya rasa anak-anak kita saat ini menghadapi dunia yang baru dengan media sosial dan akses internet. Ini mengubah cara mereka bertumbuh, dan ini mengubah cara mereka berkembang. Menurut saya video-video seperti ini meletakkan mereka pada risiko (bunuh diri),” kata Free Hess.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait