Serangan Militer Rusia ke Ukraina, Ini Pernyataan Pemerintah Indonesia

Redaksi | 25 Februari 2022 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski dikecam banyak negara, Rusia akhirnya benar-benar menyerang Ukraina. Kemarin Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin memerintahkan pasukannya bergerak memulai pertempuran. Para pemimpin dunia banyak yang menyayangkan invasi Rusia ke Ukraina ini. Seperti yang selalu terjadi, perang akan menelan banyak korban, baik dari warga sipil maupun militer. Baru sehari berlangsung, perang Rusia-Ukraina sudah menelan banyak korban. Menurut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, seperti dikutip banyak media, sebanyak 137 orang tewas di hari pertama pertempuran.

Seperti banyak negara lain di dunia, Pemerintah Indonesia juga menyayangkan serangan Rusia ke Ukraina. Saat ini pemerintah Indonesia juga tengah merencanakan melakukan evakuasi warga Indonesia yang berada di Ukraina. Berikut ini pernyataan pemerintah Indonesia dalam menyikapi serangan Rusia ke Ukraina, seperti dikutip dari laman kemlu.go.id. 

1. Penghormatan terhadap tujuan dan prinsip piagam PBB dan hukum internasional, termasuk penghormatan terhadap integritas wilayah dan kedaulatan, penting untuk terus dijalankan.

2. Oleh karenanya, Serangan  militer di Ukraina tidak dapat diterima. Serangan juga sangat membahayakan keselamatan rakyat dan mengancam perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia

3. Indonesia meminta agar situasi ini dapat segera dihentikan dan semua pihak  agar menghentikan permusuhan serta mengutamakan penyelesaian secara damai melalui diplomasi.

4. Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah nyata guna mencegah memburuknya situasi.

5. Pemerintah, melalui Kementerian Luar Negeri,  telah mempersiapkan rencana evakuasi WNI. Keselamatan WNI selalu menjadi prioritas pemerintah.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait