Begini Cara Ustadz Arifin Ilham Mengajarkan Anaknya tentang Kematian

TEMPO | 24 Mei 2019 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ustadz Arifin Ilham merupakan seorang ayah bagi kedelapan anak-anaknya. Meski jarang tersorot kamera, kedekatan antara seluruh anggota keluarganya dapat dirasakan publik. Dalam berbagai kesempatan, kedua anak terbesar Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz dan Muhammad Ameer Azzikra, kerap kali mendampingi ayahnya bekerja.

Arifin Ilham meninggal pada Rabu malam, 22 Mei 2019. Kabar duka ini langsung disampaikan oleh anak tertua almarhum, Muhammad Alvin Faiz di akun Instagramnya. “Innalillahi wainnailaihiraji’un. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah SWT, aamiin," tulis dia.

Begitu banyak cerita yang disampaikan anak-anak Arifin Ilham. Beberapa disampaikan anak-anak Arifin Ilham melalui akun Instagram masing-masing. Mereka pun sering membagikan pesan dan didikan sang ayah untuknya. Salah satunya adalah pesan tentang kematian yang ditulis Alvin ia berulang tahun ke 20 pada 4 Februari 2019 lalu.

Dalam sebuah unggahan foto dirinya dan sang ayah di akun @alvin_411, ia mengungkapkan tentang bagaimana Arifin Ilham mengajarkan tentang bertambahnya usia yang seharusnya semakin dipadani dengan kedekatan dengan Allah. Oleh karena itu, ia pun tidak meminta hadiah ataupun perayaan di hari spesial itu.

Justru, yang diharapkannya adalah doa agar dirinya menjadi seorang yang rohani, dewasa, bijak dan dapat menjadi teladan bagi sesamanya. “Begitulah abi @kh_m_arifin_ilham mendidik anak-anaknya bahwa ulang tahun adalah hari dimana kita semakin mendekati kematian kita, yang seharusnya membuat kita semakin giat dalam beribadah,” tulisnya pada 17 Februari 2019.

Pada ulang tahun Alvin itu, ia pun meminta doa kepada orang tuanya agar semakin istiqomah."Makin dewasa, bijak, dan bisa menjadi teladan untuk keluarga saya, aamiin," katanya. Ia pun meminta doa khusus agar sang ayah semakin sehat dan bugar, sehingga bisa kembali berdakwah.

Sayang, Arifin Ilham menutup usianya setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya di Penang, Malaysia. Dari Penang, jenazah Arifin Ilham tiba di rumah duka di Masjid Az-Zikra, Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor sekitar pukul 17.00 WIB. Jenazah langsung disalatkan di Masjid Azzikra yang diimami langsung anak pertamanya Muhammad Alvin Faiz.

Banyak tokoh turut hadir di rumah duka dan ikut melakukan salat jenazah. Di antaranya Menteri Agama RI, Luqman Hakim Saefudin, Mantan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Bupati Bogor, Ade Yasin, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan beberapa tokoh agama.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait