Bertemu H. Faisal, Sunan Kalijaga Langsung Minta Maaf

Ari Kurniawan | 29 Desember 2021 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengacara Sunan Kalijaga sempat mengupayakan perdamaian antara kliennya, Doddy Sudrajat, dengan H. Faisal. Salah satu upaya yang dilakukan Sunan adalah bertemu langsung dengan H. Faisal di lokasi netral. 

Diceritakan Sunan Kalijaga, saat pertama kali bertatap muka dengan H. Faisal, yang pertama kali ia lakukan adalah meminta maaf.

"Buat saya bukan satu hal yang bikin saya jadi rendah, bukan hal yang bikin saya hina, pertama kali bertemu dengan pak Faisal dan ibu, pertama saya menyampaikan permohonan maaf saya pribadi. Apabila dalam penanganan perkara ini ada hal atau perkataan saya yang menyinggung, baik pak Faisal, ibu, maupun keluagra. jadi itu yang pertama kali saya sampaikan," tutur Sunan Kalijaga, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (28/12). 

"Alharmulillah beliau meyambut baik, insyaAllah mereka sekeluarga juga memaafkan dan tidak ada masalah dengan saya," lanjut ayah Salmafina Sunan itu. 

Dalam pertemuan itu, Sunan Kalijaga dan H. Faisal sama sekali tidak membicarakan masalah hukum. Obrolan mengalir seputar kondisi Gala dan rencana keluarga untuk masa depan putra Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah itu. 

"Kami bicara sangat kekeluargaan. Bahkan saya juga tidak mau tahu bagaimana awalnya (konflik). Karena kalau kembali lagi ke awal, bisa jadi ada hal-hal tidak enak yang bisa membangkitkan itu," ungkap Sunan Kalijaga. 

Sunan Kalijaga juga mengutarakan rencananya untuk mempertemukan H. Faisal dengan Doddy Sudrajat demi tercapainya perdamaian. Dan H. Faisal menyambut positif rencana Sunan. 

"Alhamdulillah pak Faisal menyambut baik. Perdamaian yang saya harapkan. Tidak perlu ada satu pihak minta maaf pada siapa. Tapi lebih ke silaturahmi. Anggaplah mereka berdua sama-sama punya kekhilafan, saling berjabat tangan, itu bentuk formulasi yang saya ingin. Tidak ada yang benar, tidak ada yang salah, tidak ada yang tinggi, tidak ada yang rendah," paparnya. 

Namun, ganjalan justru muncul dari pihak Doddy Sudrajat sendiri. Kepada Sunan Kalijaga, Doddy lebih memillih proses mediasi di pengadilan. Atas dasar tersebut, Sunan merasa tugasnya dalam perkara ini sudah tidak perlu dilanjutkan. Dalam jumpa pers kemarin, Sunan secara resmi mengungkapkan pengunduran dirinya sebagai pengacara Doddy Sudrajat. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait