Pemenang Grammy Nanci Griffith Tutup Usia, Rekan-rekan Almarhumah Memberi Penghormatan Terakhir

Indra Kurniawan | 14 Agustus 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kabar duka datang dari dunia musik, Nanci Griffith, seorang musisi pemenang Grammy, meninggal dunia Jumat (13/8) pagi di Nashville, Amerika Serikat, dalam usia 68 tahun.

Penyebab kematiannya tidak diungkapkan oleh perwakilan manajemen Nanci Griffith. 

“Itu adalah keinginan Nanci agar tidak ada pernyataan resmi atau siaran pers lebih lanjut selama seminggu setelah dia meninggal,” begitu bunyi pernyataan Gold Mountain Entertainment.

Melansir People, Kyle Young, CEO of Hall of Fame dan Museum Musik Country, dalam sebuah pernyataan mengatakan Nanci Griffith adalah seorang penulis lagu master yang mengambil setiap kesempatan untuk memperjuangkan semangat yang sama, termasuk Vince Bell, Elizabeth Cook, Iris DeMent, Julie Gold, Robert Earl Keen, Lyle Lovett, Eric Taylor dan Townes Van Zandt. 

"Suaranya adalah panggilan clarion, sekaligus lembut dan ngotot," katanya lebih lanjut.

Griffith terkenal lewat lagu-lagu seperti "Love at the Five and Dime" (yang merupakan hit country untuk Kathy Mattea) dan "Outbound Plane" (hit country untuk Suzy Bogguss). Sebagai kolaborator, ia telah merekam duet dengan Emmylou Harris, John Prine, Willie Nelson, Darius Rucker, dan banyak lainnya selama empat dekade kariernya.

Penghargaan Grammy untuk kategori Best Contemporary Folk Album didapatkan lewat album Other Voices, Other Rooms yang termasuk dalam album lagu-lagu country terbaik sepanjang masa. Dia juga dikenal karena rekaman From a Distance dari album Lone Star State of Mind, yang menjadi cover populer Bette Midler.

Penyanyi Don McLean memberikan penghormatan kepada Griffith dalam sebuah pernyataan. Ia menyebut Griffith orang yang menyenangkan.

"Saya bekerja dengannya di acara TV yang kami buat untuk PBS TV dan di acara itu, kami menyanyikan dua lagu duet, "And I Love You So" dan "Raining In My Heart". Saya tidak pernah mendengar orang menyanyikan harmoni dengan cara yang lebih indah seperti Griffith," jelas Don. 

(Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait