Cara Membersihkan Rumah tanpa Menggunakan Bahan Kimia

Redaksi | 7 Agustus 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Produk-produk yang diyakini mempermudah pekerjaan rumah tangga—cairan pembersih lantai, kaca, keramik, dan sebagainya—ternyata hampir semuanya mengandung bahan kimia yang dapat mengakibatkan polusi udara dan gangguan kesehatan. Inilah sebabnya di setiap kemasan cairan pembersih terdapat peringatan bahaya penggunaan dan peringatan agar cairan tidak terkena kulit, mata, tertelan, dan harus dijauhkan dari anak-anak.

Kabar baiknya, Anda bisa membersihkan berbagai perabot rumah tanpa menggunakan bahan kimia, lo!

Membersihkan noda di keramik kamar mandi

Buatlah campuran cuka dan soda kue. Tuangkan ke bagian lantai dan dinding kamar mandi terutama yang bernoda. Diamkan 5-10 menit. Untuk noda yang sangat tebal dan sudah lama, bersihkan dengan bantuan sikat. Bilaslah dengan air bersih. Untuk menjaga agar keramik tidak cepat kotor, bersihkan keramik dengan menggosok-gosokkan lemon seminggu sekali.

Membersihkan kaca jendela
Manfaatkan kentang untuk membersihkan noda di kaca jendela. Belah kentang menjadi dua, lalu gosok-gosokkan di kaca. Diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan air. Keringkan dengan kain halus atau tisu untuk menghindari goresan.

Membuat lantai cemerlang

Untuk lantai dengan ubin keramik, pel dengan air hangat. Dibanding lantai keramik, lantai berbahan kayu lebih sulit dibersihkan. Buatlah campuran 1⁄4 cup atau 59 ml cuka dengan satu liter air bersih. Gunakan campuran cairan cuka itu untuk mengepel lantai kayu Anda.

Agar tabung mesin cuci bersih dan awet
Tabung mesin cuci terkadang luput dibersihkan. Padahal, membersihkannya secara berkala akan membuat mesin cuci Anda lebih awet dan selalu dalam kondisi baik. Masukkan 80 gram asam sitrat ke dalam tabung mesin cuci, lalu nyalakan mode mencuci, biarkan asam sitrat tercampur air dan dengan sendirinya membersihkan mesin cuci.
Membersihkan talenan

Jika tidak dibersihkan dengan benar, talenan mudah menghantar bakteri. Gosok papan talenan—kedua sisinya—dengan setengah bagian lemon, kemudian taburi garam dan diamkan 5-10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Menghilangkan noda di karpet

Mencuci karpet dengan air dan sabun membutuhkan tenaga besar dan waktu yang tidak sebentar. Anda bisa, kok melakukan dry cleaning di rumah. Caranya, taburi karpet dengan campuran soda kue dan tepung maizena, lalu diamkan 15 menit. Sikat perlahan dengan sikat halus, kemudian sedot dengan vacuum cleaner.

Mengusir bau tak sedap di kulkas

Gunakan campuran air lemon dan air putih dengan perbandingan 1:1 untuk membersihkan kulkas. Jika ada noda membandel, boleh tambahkan sedikit soda kue. Cara ini efektif untuk membuat kulkas Anda bersih dan tidak bau.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait