7 Aplikasi Presensi Online Karyawan Terbaik Untuk Perusahaan

Infomercial | 9 Desember 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dibanding fingerprint ataupun alat absen konvensional, aplikasi presensi online jauh lebih unggul dan patut dipakai. Praktis, tak memakan banyak biaya, sistem terintegrasi secara otomatis, dan data yang akurat adalah beberapa keunggulan aplikasi presensi online.

Aplikasi presensi online sendiri kini kian menjamur. Beberapa di antaranya yang terbaik akan kami kami rekomendasikan di sini. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi presensi online terbaik untuk kantor.

1.    Talenta by Mekari
Aplikasi HRIS Talenta mengawali debutnya ketika banyak perusahaan dihadapkan dengan anjuran WFH dari pemerintah. Aplikasi ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk menjaga produktivitas karyawan meski dari rumah saja.
Seperti yang diketahui, tantangan work from home adalah sulitnya memantau karyawan yang benar-benar hadir. Pada akhirnya, software HRIS berbasis cloud menjadi jawaban dengan salah satu fiturnya, yakni absensi online.
Bukan hanya itu, tetapi ada banyak lagi pekerjaan HR yang sangat terbantu dengan adanya aplikasi HRIS Talenta. Apa saja yang bisa dibantu oleh aplikasi ini?
Fitur Utama Aplikasi HRIS Talenta
Berkat cloud system, aplikasi Talenta dapat dengan mudah diakses dari mana saja. Selain itu, Talenta juga menawarkan beberapa fitur utama yang ada di aplikasi. Diantaranya adalah: 
•    Mobile Self Service
Salah satu kelebihan HRIS Talenta adalah ketersediaan aplikasi mobile untuk karyawan. Hal ini memungkinkan layanan HR bisa dengan mudah didapatkan dari manapun.
Karyawan dapat mengajukan izin cuti, reimbursement dan lain-lain secara mandiri. Otomatisasi ini jelas sangat membantu perusahaan memonitor karyawan mereka. Bahkan setelah work from home, cara ini akan tetap sangat efektif untuk perusahaan dengan para pekerja remote-nya.
•    Sistem Administrasi Penggajian
Proses pengurusan sistem gaji atau payroll untuk para karyawan akan lebih praktis dengan aplikasi HRIS. Tim HR tidak perlu repot lagi menarik data dari mesin absensi karena seluruh data kehadiran karyawan sudah terintegrasi.
Talenta juga menawarkan fitur payroll yang berbeda dengan lainnya. Nikmati semua keuntungan untuk perusahaan dan karyawan dalam pengurusan payroll. Salah satunya tidak ada biaya admin untuk mengirim gaji ke semua karyawan.
Fitur payroll di aplikasi Talenta menjanjikan kelancaran transaksi dalam segala situasi. Anda bisa mengurus proses payroll dari manapun secara online.
•    Pencatatan Data Kehadiran
Live attendance memberikan pengalaman absen di kantor yang berbeda. Karyawan bisa melakukannya secara mandiri dari ponsel mereka dengan fitur GPS. Ada pula fitur pengenalan wajah untuk memvalidasi absensi.
Ini sangat penting karena data kehadiran seringkali menjadi dasar penilaian untuk menentukan suatu kebijakan. Salah satunya terkait dengan poin kedua tadi, yakni pengurusan payroll karyawan.
Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif absen fingerprint atau dengan mesin kartu. Pencatatan dan pengolahannya benar-benar otomatis.

2.    Kerjoo
Kerjoo merupakan aplikasi presensi online karya anak bangsa yang memiliki fitur lengkap untuk mempermudah tugas HR. Sebagai contoh, sebut saja fitur absensi harian yang bisa diakses menggunakan face recognition melalui smartphone, sehingga karyawan dapat melakukan absensi real time dimana saja tanpa terkendala.
Tidak hanya itu, terdapat juga fitur untuk pengajuan dan pencatatan izin, cuti, hingga lembur yang praktis dan fleksibel, namun tetap berada di bawah pengawasan dan approval dari HR.
Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengetahui performa, kedisiplinan, dan efektifitas kinerja karyawan dengan menggunakan fitur statistik. Dan yang tidak kalah unik, aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu pengelolaan data karyawan. Wah lengkap sekali, bukan? Tertarik mencoba aplikasi ini? Kunjungi langsung website resminya di https://kerjoo.com.

3.    PHP Timeclock
Aplikasi yang sudah ada sejak 2006 ini memiliki tampilan yang cukup sederhana. Kendati begitu, aplikasi ini sangat efektif bila digunakan. Tak hanya mendata kehadiran karyawan, aplikasi ini juga dapat membantu HRD untuk melacak waktu kerja, istirahat, dan liburan para karyawan.
Aplikasi ini memiliki fitur reporting yang dapat membantu HRD menggolongkan karyawan berdasarkan indikator tertentu, mulai dari departemen atau divisi yang menaungi mereka, hingga kantor tempat mereka bekerja.
Tak hanya bagi HRD, aplikasi ini juga bermanfaat bagi para karyawan itu sendiri. Lewat aplikasi ini, karyawan bisa mengetahui berapa durasi mereka bekerja, serta kapan mereka masuk dan pulang kantor. Kalau kamu mau memakai aplikasi ini, silahkan langsung saja unduh via alamat ini.

4.    CKZ Time Clock
CKZ sebetulnya hanya sebuah aplikasi time tracking saja. Kendati begitu, aplikasi ini juga cocok dipakai untuk absensi karyawan. Sebagai alat absensi, CKZ mempunyai sejumlah fitur menunjang, mulai dari real-time monitoring karyawan, pelaporan penggajian, hingga penyimpanan data kehadiran karyawan.
Seperti halnya Time Clock MTS, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis, kamu bisa memakainya untuk menangani tiga karyawan saja.
Adapun yang berbayar, kamu bisa menggunakannya untuk menangani semua karyawan di kantor. Syaratnya, kamu harus mengeluarkan kocek sebanyak 499.99 dollar. Untuk mengunduhnya, silahkan datang langsung ke ckzinc.com.

5.    KaryaOne
Satu lagi aplikasi presensi online yang berasal dari tanah air. Aplikasi ini cocok dipakai lewat ponsel pintar maupun PC. Fitur yang dimiliki KaryaOne tergolong banyak. Multi Shifts adalah salah satunya.
Multi Shifts sendiri merupakan fitur yang memudahkan atasan dalam membuat jadwal kerja shift sesuai dengan jam operasional perusahaan.
Tak perlu bingung bagaimana menggunakan KaryaOne beserta fitur-fiturnya. Sebab, KaryaOne dilengkapi tutorial yang membantumu bagaimana cara memaksimalkan aplikasi ini. KaryaOne bisa kamu unduh lewat Google Play Store.

6.    AbsenKu
Ini adalah aplikasi presensi online lainnya yang dibuat oleh putra-putri bangsa. Selain memiliki fitur kehadiran karyawan, aplikasi berbasis PC dan smartphone ini juga punya beberapa fitur unik, mulai dari birthday reminder yang memberikan informasi hari ulang tahun karyawan hingga Kirim Berita yang memberikan informasi terbaru ke karyawan soal hari libur dan cuti.
AbsenKu bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis, aplikasi ini bisa dipakai untuk mengelola 20 karyawan. Adapun yang berbayar, bisa dipakai mulai dari 30 hingga 250 karyawan.
AbsenKu berbayar bisa dipakai dalam beberapa varian harga, mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 800 ribu. Seperti halnya KaryaOne, aplikasi ini juga bisa kamu unduh via Google Play Store.

7.    Boss Pintar
Sebagai aplikasi presensi online, fitur Boss Pintar tergolong berbeda dari yang lain. Validasi Absensi adalah satu contoh fiturnya. Fitur ini membuat perusahaan dapat menentukan di mana karyawan harus melakukan absensi.
Fitur yang terdapat dalam Boss Pintar tak hanya cocok dipakai untuk absensi karyawan semata. Beberapa di antaranya juga bisa dipakai untuk keperluaan perusahaan lainnya. Fitur Mencatat Inventaris Perusahaan salah satunya.
Lewat fitur ini, perusahaan bisa mencatat sejumlah inventaris yang dipunya, serta siapa yang menjadi penanggungjawabnya. Ini tentu sangat membantu perusahaan, terutama saat hendak membuat laporan inventaris tahunan.
Aplikasi ini bisa dicoba secara gratis selama setahun. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa mengelola tiga karyawan saja selama masa percobaannya berlangsung.
Bila ingin lebih, kamu bisa membayar paket 10 karyawan dan 100 karyawan yang dipatok tarif mulai Rp 200 ribuan. Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung mengunjungi Google Play Store.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi presensi online versi Kami. Kamu bisa mencoba semua aplikasi di atas untuk menentukan mana yang cocok untuk perusahaanmu.
 

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait