Wajib Tahu, 7 Tanda Vagina Tidak Sehat

Indra Kurniawan | 4 Januari 2022 | 06:00 WIB

Sama pentingnya dengan kesehatan organ lain dalam tubuh, vagina juga harus mendapat perhatian yang ekstra. Vagina yang tidak sehat bisa mempengaruhi libido dan kesuburan.
Setiap infeksi ringan jika tidak diobati tepat waktu akan memperparah masalah kesehatan. Melansir Bodsky, berikut beberapa tanda vagina yang tidak sehat. Jika Anda mengalaminya segeralah konsultasi dengan dokter ginekolog.

TABLOIDBINTANG.COM - 1. Kering

Salah satu tanda vagina tidak sehat adalah kering. Beberapa penyebab umumnya adalah perubahan hormonal, pengobatan dan iritasi.

2. Vagina seperti terbakar dan gatal

Rasa terbakar dan gatal yang terus menerus bisa menjadi indikasi adanya sejumlah infeksi di vagina yang dapat memengaruhi kesehatan seksual.

3. Keputihan berlebihan dan perubahan warna  

Pelepasan vagina dapat dianggap normal jika berwarna putih dan tidak mengeluarkan bau busuk. Jika warnanya berubah merah atau coklat disertai dengan bau busuk, maka hal ini memerlukan penanganan medis.

4. Nyeri saat berhubungan intim

Ini merupakan masalah serius dan memerlukan penanganan medis segera. Karena hal ini dapat mengindikasikan adanya sobekan di dalam vagina, infeksi, kekeringan atau PMS.

5. Bau tidak sedap

Bau tidak sedap bisa menjadi gejala infeksi. Kelebihan bakteri berbahaya dapat menyebabkan bakteri vaginosis.

6. Pendarahan abnormal

Jika mengalami pendarahan saat tidak sedang menstruasi, maka Anda harus sangat berhati-hati. Masa menstruasi yang berlangsung lama juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

7. Buang air kecil sakit

Hal ini terkait dengan infeksi saluran kemih dan juga merupakan tanda utama infeksi bakteri vaginosis. Maka berhati-hati lah jika mengalaminya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait