Tips Membeli Domain Murah untuk Blogger Pemula

tabloidbintang.com | 19 April 2022 | 21:01 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak dipungkiri lagi, fluktuasi harga beli domain menjadi salah satu faktor penting yang kerap dipertimbangkan oleh blogger maupun web developer sebelum memutuskan untuk membeli domain.

Domain murah sendiri umumnya banyak dimanfaatkan oleh para blogger pemula yang masih dalam tahapan proses belajar. Terutama yang memiliki niat ingin belajar cara mendapatkan pundi-pundi penghasilan lewat website dengan modal minimal.

Nah, agar kamu lebih mudah untuk menemukan nama domain murah, berikut sudah kami siapkan tips cara membeli domain yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1.      Pilih Nama Domain dengan Ekstensi Baru
Tahukah kamu jika saat ini total sudah ada lebih dari 500 buah ekstensi domain yang bisa dibeli? Dari ekstensi domain sebanyak itu, mungkin hanya beberapa saja yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna. Misalnya seperti ekstensi .COM .ORG .NET  atau ccTLD seperti .ID atau .CO.ID.

Lalu, ada beberapa contoh ekstensi domain baru yang sampai sekarang dijual dengan harga terjangkau antara lain seperti .XYZ, .ONLINE, .SITE, atau .MY.ID yang dijual hanya kisaran Rp15 ribuan per tahun.

2.      Manfaatkan Promo Domain
Cara terbaik untuk mendapatkan nama domain dengan harga murah adalah melalui promo. Aktivitas ini kerap dilakukan oleh registrar domain dalam waktu-waktu tertentu, misalnya seperti ketika black friday atau cyber monday.

Di Indonesia kamu juga bisa mendapatkan domain dengan harga murah ketika masuk periode Harbolnas (Hari belanja online nasional) yang dirayakan di bulan desember setiap tahunnya.

3.      Lakukan Perbandingan Harga
Upaya berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan harga domain secara terjangkau yakni dengan melakukan banyak riset. Kamu bisa membandingkan harga domain setiap perusahaan yang ditampilkan melalui website mereka.

4.     Gunakan promo kode
Meskipun sudah jarang diterapkan oleh perusahaan registrar domain lokal, namun promo code cukup ampuh untuk mengurangi biaya beli domain yang harus dibayarkan. Besaran promo code sendiri cukup beragam, mulai dari 10 persen hingga 75 persen, tergantung jenis promo code yang kamu dapatkan.

Adapun cara mendapat promo code untuk pembelian domain sendiri sangat beragam. Selain melalui halaman promo di website resmi perusahaan, biasanya kamu juga bisa mendapatkan kode promo dari website afiliasi atau situs penyedia voucher diskon yang tersebar di internet.

Baca juga  hosting murah promo selamanya

5.      Beli Domain Secara Bundling dengan Paket Hosting

Beli domain secara bundling bersamaan dengan paket hosting juga bisa dijadikan pilihan untuk menghemat biaya sewa domain. Bahkan, beberapa perusahaan web hosting ada yang memberikan nama domain secara cuma-cuma alias gratis ketika kamu membeli paket hosting dalam termin waktu tertentu.

6. Lakukan Pemesanan Domain Beberapa Tahun Sekaligus
Tips terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh nama domain dengan harga miring adalah melakukan pembelian cara multiyears atau dalam beberapa tahun sekaligus. Sebagai informasi, pada umumnya nama domain sendiri bisa dibeli per tahun, namun beberapa perusahaan registrar baik di Indonesia maupun di luar negeri terkadang akan memberikan harga spesial jika kamu memutuskan untuk membeli domain dalam rentang waktu 3 sampai 10 tahun.

Ya, menyewa nama domain dalam rentang beberapa tahun sekaligus memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun, hal ini bisa dipertimbangkan jika website yang sedang dikembangkan ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang.

Terlepas dari itu, membeli nama domain dalam beberapa tahun sekaligus juga menghindarkan kamu dari biaya kenaikan harga domain serta pajak pemerintah (PPN) yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Penulis : tabloidbintang.com
Editor: tabloidbintang.com
Berita Terkait