Irrfan Khan, Aktor Bollywood yang Eksis di Hollywood, Meninggal Dunia

Vallesca Souisa | 29 April 2020 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kabar duka menyelimuti industri perfilman India hari ini. Aktor-aktris film maupun TV India ramai mengungkapkan rasa dukanya lewat media sosial. Irrfan Khan, aktor Bollywood yang wajahnya selalu terpampang di film-film box office Hollywood ini mengembuskan napas terakhir hari Rabu (29/3) siang di Rumah Sakit Mumbai Kokilaben Dhirubhai Ambani.

Diketahui Irrfan Khan dirawat di ruang ICU sejak Selasa (28/3) pagi, karena infeksi usus besar. Dan sejak Rabu pagi tadi beredar rumor tentang memburuknya kondisi kesehatan bintang Slumdog Millionaire dan Jurrasic World ini. Bahkan sejak pagi, sudah ada portal hiburan India yang menyebar kabar meninggalnya Irrfan. Berita ini sempat di bantah oleh juru bicara Irrfan pagi tadi.

“Betul, bahwa Irrfan dirawat di UGD RS Kokilaben Mumbai karena infeksi usus besar. Dia masih ditangani dokter. Dia kuat dan masih terus berjuang melalui semua tindakan. Tolong jangan sebarkan rumor yang tidak benr. Doakan saja yang terbaik,” begitu keterangan juru bicaranya, seperti dilansir Hindustan Times.

Tetapi selang beberapa jam kemudian, tepatnya selepas jam makan siang, pihak keluarga mengeluarkan pernyataan, bahwa akhirnya Irrfan Khan mengembuskan nafas terakhir. Tak menyangka, Irrfan telah berjuang keras sebelumnya melawan kanker langka yang bersarang di otaknya, pada 2018. Ia berjuang penuh harapan, sampai di tengah perawatannya masih bisa menyelesaikan syuting film terbarunya, Angrezi Medium. Namun, takdir berkata lain. infeksi pada usus besarnya-lah yang merenggut nyawa Irrfan, di usia 53 tahun.

“’Saya percaya, saya sudah berjuang,’ Ini adalah kata-kata yang pernah diekspresikan Irrfan dalam sebuah catatan di tahun 2018, mengenai perjuangannnya melawan kanker. Dia pria yang tidak banyak bicara, tapi meninggalkan banyak memori berarti di layar lebar. Dengan kesedihan mendalam, kami keluarga mengabarkan, bahwa Irrfan telah meninggal dunia hari ini. Irrfan memiliki jiwa yang kuat, seseorang yang selalu berjuang mati-matian untuk meraih keinginannya dan selalu menginspirasi orang di sekitarnya. Kini dia telah pergi ke surga, meninggalkan orang-orang yang dikasihinya, dengan karya-karyanya yang tak terlupakan. Kami semua di sini berdoa, semoga Irrfan tenang di sisi-Nya,” ungkap pihak keluarga.

Irrfan Khan adalah salah satu aktor Bollywood yang cukup laris di Hollywood. Ia memulai kariernya di dunia TV tahun 1985 dan merasa sempat stuck. Nama Irrfan baru menembus Bollywood di akhir tahun 1990-an. Film-filmnya yang melejit di antaranya Slumdog Milionaire (2008), Piku (2014) dan Life of Pi (2012)—menyabet beberapa penghargaan di ajang bergengsi Academy Awards 2013 untuk Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Musik Terbaik, Efek Visual Terbaik.

Irrfan juga bergabung di film Jurrasic World (2015). Saat ditawari film ini, Irrfan benar-benar tak menyangka. “Waktu film Jurrasic Park yang pertama rilis (1993), saya bahkan tidak bisa membeli tiket untuk menontonnya. Masih tak percaya, sekarang saya bisa bermain di film ini (Jurrasic World),” ungkap Irrfan kala diwawancarai sebuah portal hiburan AS di tahun 2015. Selain Jurrasic World, ia juga membintangi The Amazing Spiderman (2012), The Jungle Book (2016), dan Inferno (2016) bersama Tom Hanks.

(val)

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait