Dugaan Manipulasi Suara, Polisi Akan Selidiki Keempat Musim Produce 101

Rizki Adis Abeba Senin, 2 September 2019 14:45:50
Produce 101

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah penyelidikan mereka terhadap acara Produce X 101, polisi mengumumkan rencana mereka untuk memeriksa seri Produce 101 sebelumnya untuk melihat apakah ada indikasi manipulasi suara yang serupa terjadi.

Pada Senin (02/09) Agen Kepolisian Metropolitan Seoul menggelar jumpa pers sehubungan dengan penyelidikan dugaan manipulasi pada sistem pemungutan suara Produce X 101. “Saat ini kami berencana untuk menyelidiki keempat musim dari seri Produce 101, dan kami juga melihat apakah ada praktik-praktik yang melanggar hukum pada tiga musim sebelumnya,” jelas perwakilan kepolisian.

Produce X 101 berakhir pada Juli lalu namn publik mencurigai adanya manipulasi pada sistem pemungutan suara yang dilakukan oleh Mnet dan CJ ENM sebagai televisi dan rumah produksi yang menyelenggarakan kontes yang melahirkan grup X1 tersebut.

Polisi telah melakukan pencarian dan penyitaan beberapa data di kantor CJ ENM dan perusahaan yang mengelola data pemungutan suara pesan teks, dan mereka juga mempertanyakan anggota staf yang terlibat dalam pertunjukan.

Polisi menyatakan, “Kami telah melakukan pencarian dan penyitaan informasi terkait dengan 'Produce X 101,' dan karena ada beberapa tuduhan, kami sedang mencari dokumen tambahan.” Polisi menambahkan, dalam prosesnya pencarian barang bukti, ternyata ada beberaa bukti yang terkait dengan tiga musim Produce 101 sebelumnya. Ini sebabnya polisi turut memeriksa tiga musim sebelumnya.

Namun polisi belum mau memberikan informasi detil mengenai barang bukti yang mereka temukan karena penyelidikan masih berlangsung. “Karena penyelidikan masih berlangsung, informasi apa pun tentang data pemilihan mentah atau peringkat (untuk para trainee) tidak dapat diungkapkan pada saat ini,” jelas kepolisian.

Produce 101 merupakan ajang pencarian bakat yang telah digelar di stasiun TV Mnet selama empat musim dan telah melahirkan grup idola populer mulai dari IoI, Wanna One, IZ*NE, hingga X1. Di setiap musimnya, Produce 101 menggunakan sistem pemungutan suara langsung yang dilakukan oleh penonton melalui sms berbayar. 

Sayangnya, pada gelaran musim terakhir publik menduga terjadi kecurangan dalam sistem pemungutan suara yang menentukan nasib para trainee. Hal ini menyebabkan para penggemar Produce 101 melaporkan kecurigaan ini ke pihak berwajib.

(riz / gur)

Penulis Rizki Adis Abeba
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.