District 9, Debut Stray Kids Yang Bertenaga

Rizki Adis Abeba | 8 April 2018 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stray Kids akhirnya merilis album debut I Am Not pada Senin (26/3). Album debut yang sudah sangat diantisipasi publik ini berjalan mulus.

I Am Not langsung menembus peringkat 10 besar di tangga lagu iTunes di sepuluh negara di luar Korea yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Argentina, Kanada, Chili, Finlandia, dan Peru.

Sementara itu, klip video “District 9” yang jadi lagu andalan ditonton sebanyak 4,2 juta kali hanya dalam 24 jam setelah diunggah ke situs berbagai video YouTube. Angka ini memecahkan rekor yang dibuat Wanna One lewat lagu “Energetic” yang ditonton 4 juta kali dalam waktu yang sama.

Pencapaian Stray Kids mengagumkan, tetapi tidak mengejutkan. Mengingat, grup yang lahir dari ajang pencarian bakat Stray Kids yang disiarkan Mnet tahun lalu telah menjadi pusat perhatian sejak awal tahun.

Album pre-debut berjudul Mixtape, yang dirilis tanggal 8 Januari lalu menduduki posisi kedua World Album Chart di tangga lagu Billboard di bulan yang sama. 

Album itu membayangi BTS yang bertengger di posisi puncak selama 17 pekan bersama album Love Yourself: Her. Grup yang beranggotakan Bang Chan (21), Woo Jin (21), Lee Know (20), Seo Chang Bin (19), Hyun Jin (18), Han (18), Felix (18), Seung Min (2000), dan I.N (17) itu kini berada di posisi teratas dalam daftar 5 Artis Baru K-Pop Layak Ditonton versi Billboard.

Tidak mengherankan jika tiga ribu tiket showcase kedua Stray Kids yang digelar di Stadion Jangchung, Seoul, pada 25 Maret lalu ludes dalam hitungan menit. Atas permintaan penggemar, agensi JYP Entertainment memutuskan menambah kapasitas penonton menjadi 3.500.

Single “District 9” mengingatkan publik pada lagu pre-debut mereka, “Hellevator”, yang bernuansa campuran antara musik rok, hip-hop, dan EDM. Kekuatan vokal yang menjangkau nada tinggi didukung lirik rap yang rapat sekaligus bertenaga dan lirik lagu tentang pencarian jati diri ala remaja masih menjadi kekuatan Stray Kids. Koreografi yang energik menambah kesan garang di lagu “District 9”. Hyunjin tak menampik koreografi untuk lagu ini sulit.

“Saya rasa karena butuh banyak kekuatan untuk melakukan koreografinya,” ungkap Hyunjin yang mengaku sangat puas dengan hasil akhir klip video “District 9”. Video berkonsep futuristik dan bertema pemberontakan sekelompok remaja itu memperkuat kesan powerful lagu “District 9”. 

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait