6 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Bikin Kangen

Airy Rooms | 24 April 2017 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak lengkap rasanya berkunjung ke sebuah kota jika tidak menyempatkan diri untuk menikmati makanan khas dari kota tersebut. Sama halnya ketika Anda berkunjung ke Surabaya. Kota Pahlawan ini memiliki beragam sajian khas yang sungguh menggugah selera. 

Apa saja? Berikut wisata kuliner yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. 

Rawon Setan

Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling sering diburu oleh wisatawan adalah rawon setan. Embel-embel nama “setan” lebih merujuk pada jam operasional warung, yaitu menjelang tengah malam hingga dini hari.  

Ciri khas utama dari rawon yang terletak di Jalan Embong Malang ini adalah potongan daging sapi dengan tekstur yang lembut dan berukuran besar, berpadu dengan kuah hitamnya yang pekat. Rawon juga disajikan dengan taburan bawang merah goreng yang menambah sensasi rasa dan aroma makanan menjadi lebih nikmat. 

Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen merupakan kuliner legendaris di Kota Surabaya, seperti halnya nama “Ondomohen” yang merupakan nama sebuah jalan pada zaman penjajahan Belanda. 

Dilihat dari segi tampilannya, sate ini hampir sama dengan sate-sate kelapa pada umumnya. Daging sapi atau ayam yang dibalut dengan bumbu parutan kelapa ditusuk dan dibakar dengan arang, disajikan dengan bumbu kacang. Namun, dari segi rasa, tentulah berbeda. Dengan bumbu rahasia yang turun-temurun sejak zaman penjajahan Belanda, dijamin Anda akan ketagihan setelah mencobanya. 

Jika Anda berminat untuk mencicipi rasa sate klopo yang fenomenal dan klasik ini, langsung saja berkunjung ke Jalan Ondomohen yang kini telah berubah nama menjadi Jalan Walikota Mustajab. 

Lontong Balap Pak Gendut

Kuliner Legendaris khas Kota Pahlawan yang juga harus Anda coba adalah Lontong Balap Pak Gendut. Lontong Balap ini telah ada sejak tahun 1956, hingga kini masih tetap mempertahankan resep serta teknik pembuatan secara tradisional. Tidak heran jika cita rasa yang lezat merupakan jaminan utama dari Lontong Balap Pak Gendut ini. 

Keunggulan utama Lontong Balap ini terletak pada kuahnya yang bening dengan rasa yang khas, irisan lontong, dan lentho yang tak kalah mantap. Uniknya lagi, lentho buatan Pak Gendut ini akan tetap “kriuk” meski telah bercampur dengan kuah lontong balap. 

Jangan lupa untuk menambahkan kecap manis dan sambal pada makanan dengan bumbu petis berkuah khas Surabaya ini.  

Rujak Cingur

Berkunjung ke Surabaya belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Jawa Timur, yaitu Rujak Cingur. Paduan lontong dengan berbagai sayuran dan cingur yang disajikan dengan bumbu kacang dan petis dijamin akan menggugah selera. 

Salah satu tempat makan rujak cingur yang patut Anda kunjungi adalah Rujak Cingur Genteng Durasim, merupakan warung rujak cingur tertua di Surabaya dan telah ada sejak tahun 1942. 

Tahu Campur Kalasan

Makanan khas Surabaya yang juga patut Anda coba adalah tahu campur. Ya, sesuai namanya, bahan dasar makanan ini adalah tahu yang digoreng, dipadukan dengan lontong, taoge, mi kuning, daging, daun selada, dan lentho singkong. Selanjutnya disajikan dengan bumbu petis. 

Keunggulan dari Tahu Campur Kalasan adalah proses pembuatannya yang tidak menggunakan bumbu penyedap. Jadi, selain dijamin bersih, Tahu Campur Kalasan juga dijamin sehat karena tidak mengandung banyak kalori. 

Pakuwon Food Festival (Food Junction Grand Pakuwon)

Anda tidak hanya akan berwisata kuliner di tempat ini, tetapi juga berjalan-jalan dan rekreasi. Beragam sajian kuliner dan area permainan yang terletak di Tandes Margomulyo ini bisa dinikmati mulai pukul 11.00 sampai 22.00.

Tertarik untuk mencicipi kuliner khas Surabaya? Jika Iya, jangan lupa untuk memesan hotel murah di Surabaya di jaringan hotel Airy Rooms. Tidak perlu khawatir dengan harganya yang murah karena fasilitas yang diberikan tetap sangat lengkap. Mulai dari kamar tidur ber-AC dan dijamin bersih, perlengkapan mandi lengkap dengan air panas, hingga sarana hiburan seperti TV layar datar dan Wi-Fi gratis. 

Yuk, segera booking melalui website resmi Airy Rooms atau aplikasi Android dan iOS dari smartphone Anda. 

 

(adv/wida)

Penulis : Airy Rooms
Editor: Airy Rooms
Berita Terkait