Semangat Peduli Lingkungan, IMCD Indonesia Gelar Kompetisi Green Smart sleaders

Ari Kurniawan | 24 April 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - IMCD Indonesia meluncurkan pameran dan kompetisi IMCD Green Smart Leaders untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat (SMK).

Adelia Sia selaku Managing Director dari IMCD Indonesia, mengatakan program Green Smart Leaders bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan pada generasi muda, sekaligus memberdayakan mereka untuk dapat menciptakan produk yang dapat dipasarkan dengan menggunakan bahan daur ulang.

Program ini menampilkan proyek daur ulang inovatif yang dibuat oleh siswa dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran terkait keberlanjutan di kalangan generasi muda.

“Kami bangga bisa berpartisipasi dalam program Green Smart Leaders yang mendukung peningkatan kesadaran mengenai masalah lingkungan dan berkontribusi terhadap kehidupan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” ujarnya saat menghadiri pameran IMCD Green Smart Leaders di SMK Bina Insan Mandiri, Meruya Ilir, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (22/4).

Pada kesempatan itu, para siswa SMK Bina Insan Mandiri memamerkan karyanya untuk dikompetisikan. Salah satunya Nuraini. Bersama timnya, siswa kelas X itu memamerkan karyanya berupa kerajinan bunga dan vas bunga dari hasil daur ulang.

Karyanya cukup unik, yakni hiasan bunga dimasukkan ke dalam tabung transparan. Pada bagian bawah tabung dipasangi baterai. Saat baterai dihidupkan, muncul cahaya yang menerangi bunga tersebut. “Ini cocok untuk pajangan di kamar tidur,” jelas Nuraini.

IMCD Indonesia meluncurkan pameran dan kompetisi IMCD Green Smart Leaders. (Istimewa)

Program ini merupakan lanjutan dari program IMCD STEM4Youth pada 2022 lalu yang bekerjasama dengan YCAB Foundation.

“Pameran ini menampilkan proyek daur ulang yang inovatif dari para siswa, yang menunjukkan komitmen terhadap kelestarian lingkungan dan menampilkan solusi kreatif generasi masa depan untuk isu-isu penting lingkungan hidup,” terang Veronica Colondam, Founder dan CEO dari YCAB Foundation.

Siswa yang berpartisipasi dalam program Green Smart Leaders akan mendapat pelatihan mengenai pengelolaan sampah, hidup berkelanjutan (sustainable living), dan dukungan untuk menjadi sociopreneur. Kemudian, siswa akan dibimbing untuk mengidentifikasi masalah lingkungan dan mengembangkan proyek daur ulang yang inovatif sebagai solusi potensial.

Para siswa akan mendemonstrasikan proyek inovatif dari bahan daur ulang yang berfokus pada kreativitas dan dampak positif.

“Berakar pada kepedulian lingkungan, kewirausahaan sosial, dan pemberdayaan generasi muda, inisiatif ini mencerminkan dedikasi kami terhadap solusi berkelanjutan dan pengembangan masyarakat,” imbuh Veronica.

Pameran menyoroti pencapaian, inovasi, dan kemajuan dalam berbagai proyek daur ulang. Sebanyak 20 kelompok dari dua sekolah akan hadir, di mana mereka akan mempresentasikan hasil proyek kelompoknya untuk dipamerkan dan dinilai oleh juri.

Selanjutnya, pemenang dalam program IMCD Green Smart Leaders ini akan mendapat suntikan dana untuk mengembangkan hasil karyanya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait