Sahabat Ungkap Kondisi Dorman Borisman Sebelum Meninggal, Sulit Komunikasi

Supriyanto | 9 Mei 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa (7/5) pukul 19.18 WIB di Rumah Sakit Mochamad Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Jenazah aktor senior yang sering muncul pada film horor dan komedi itu dimakamkam  tidak jauh dari kediamannya, Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (8/5) siang.

Tiga minggu sebelum Dorman Borisman meninggal, salah satu kerabat, mantan wartawan dan juga aktor Eddie Karsito membeberkan kondisi pria yang kerap berperan sebagai orang Batak itu.

Lewat channel YouTube miliknya, Eddie Karsito menyebutkan lima tahun belakangan, Dorman dikatakan keluar masuk rumah sakit.  Diketahui, Dorman meninggal dunia di usia 73 tahun akibat komplikasi penyakit.

"Aku bawa cucuku kan ke rumah (Dorman Borisman). Aku nggak mengira sampai hari ini," buka Eddie Karsito kepada wartawan.

"Sejak September 2023 Abang sulit komunikasi verbal. Cuma duduk, tidur, bangun, tapi masih bisa interaksi dengan gesture-lah. Sejak puasa kemarin, Abang kondisinya makin menurun," ungkap Eddie Karsito.

Jempol kaki Dorman Borisman bengkak dan membiru karena gula. Tiga hari lalu Dorman Borisman sempat dioperasi untuk amputasi.

"Sudah dua bulan ini banyak tidur. Jadi ketika amputasi kemarin Abang sudah seperti tidak sadar, diam saja. Dideteksi masih ada (masih hidup) karena masih ada nafasnya saja," terang Eddie Karsito.

Dorman Borisman debut film pada 1977 lewat judul Kugapai Cintamu. Namanya semakin dikenal lewat perannya sebagai Dorman Spion 600 dalam film Warkop DKI, Manusia 6.000.000 Dollar pada 1981.

Sosok Dorman Borisman juga dikenal sebagai pemeran Mas Yudhis di sinetron Saras OO8.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait