SBY dan Rombongan Jajan Angkringan di Yogya, Ini Menu Favoritnya

TEMPO | 11 Desember 2018 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Soesilo Bambang Yoedhoyono atau SBY bersama istri Ani Yudhoyono menikmati malam di sebuah angkringan atau warung kaki lima Yogya yang berada di jalan Mangkubumi pada Senin 10 Desember 2018 kemarin.

SBY dan Ani datang ditemani sejumlah kader Partai Demokrat, seperti Roy Suryo, Andi Malarangeng, juga Andi Arief serta sejumlah kader Demokrat DIY. Rombongan SBY yang berjumlah sekitar 20 orang itu memilih makan di sebuah angkringan bernama 'Angkringan Jaman Edan', yang lokasinya tak terlalu jauh dari Malioboro. SBY sebelumnya akan menyambangi sebuah toko batik di Malioboro namun lantas dikabarkan tak jadi.

Saat itu angkringan yang dikunjungi SBY sendiri tengah ramai pengunjung. Angkringan itu menjajakan berbagai menu tak hanya nasi bungkus dengan berbagai lauk, namun juga bakso sampai mie ayam. Sambil menikmati hidangan angkringan, SBY berbincang dengan sejumlah kader Demokrat.

"Tidak ada agenda luar biasa saya di Yogya, saya hanya mampir setelah kemarin dari Pacitan menyaksikan festival seni yang bagus," ujar SBY. SBY sempat singgah bermalam dulu di Gunungkidul, lalu melanjutkan perjalanan dan bermalam di Kota Yogya sebelum kembali ke Jakarta pada Selasa 11 Desember 2018 hari ini.

"Jadi saya jalan-jalan malam ke Malioboro ini tidak nganeh-nganehi (mencari-cari), 'Wah ini kalau musim pemilu pak SBY baru turun', enggak begitu," ujar SBY. "Sebelum jadi presiden, saat masih jadi Danrem di Yogya saya sudah senang masuk jalan-jalan ke kuliner rakyat termasuk lesehan di Yogya ini," ujarnya.

Selama jadi presiden Indonesia selama 10 tahun SBY mengatakan tetap menjalani hobinya menyambangi kuliner rakyat. "Bisa tanya paspampres saya, saya masih jaga hobi saya (menikmati jajanan rakyat), tentu dengan batas-batas kepantasan protokol yang berlaku," ujarnya.

Setelah tak lagi menjabat presiden SBY mengatakan merasa makin leluasa menikmati hobinya makan di kuliner rakyat seperti angkringan dan lesehan itu. SBY mengaku dalam kesempatan itu menyantap menu kegemarannya, yakni nasi goreng pedas plus telor ceplok dengan minuman favoritnya wedang tape ketan panas.

Salah satu pengelola warung, Rena yang memegang bagian kasir tampak sumringah dengan berkunjungnya SBY dan rombongan ke warungnya. "Pak SBY dan Ibu Ani tadi makan nasi goreng dan telor ceplok, minumannya wedang tape," ujar Rena yang sudah berjualan sejak dua tahun terakhir di lokasi tersebut. Rena menuturkan, SBY dan rombongan yang memesan sekitar 20 porsi lebih makanan, minuman, dan lauk pauk itu habis sekitar Rp 2 juta. "Rombongan banyak," ujar Rena.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait