Caleg Mantan Napi Korupsi Disinggung Jokowi, Ini Kata M Taufik Gerindra

TEMPO | 18 Januari 2019 | 21:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jokowi dinilai tidak punya bahan ketika menyinggung caleg Gerindra mantan napi korupsi dalam debat Capres semalam, begitu kata Ketua DPD Gerindra Jakarta Mohamad Taufik. "Pak Jokowi kurang paham. Dia enggak punya bahan itu," ujar Taufik saat dihubungi Tempo pada Jumat, 18 Januari 2019. Taufik merupakan caleg Gerindra yang pernah terjerat kasus korupsi ketika menjabat Ketua KPU DKI pada 2004.

M Taufik juga menuding Jokowi merupakan sosok yang tidak konsisten. Sebab Jokowi yang dulu pernah menyerahkan ke Mahkamah Agung soal aturan mantan napi koruptor menjadi caleg. MA memperbolehkan hal itu karena tak ada undang-undang yang melarang. "Pak Jokowi mestinya menghormati itu keputusan MA. Ini kan aneh juga gitu lho. Makanya kalau kurang bahan jangan begitulah," ujar Taufik yang kembali mencalonkan diri dalam pemilihan DPRD DKI periode 2019 - 2024.

Dalam debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden semalam, Jokowi menyampaikan bahwa Gerindra menjadi salah satu partai yang terbanyak mencalonkan mantan napi koruptor di Pileg 2019. Jokowi mengutip data tersebut dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Dalam daftar itu, Taufik adalah satu dari enam caleg Gerindra yang ada di list tersebut. Sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD, Taufik pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta pada 2004. Saat menjabat, ia pernah tersandung kasus korupsi pengadaan dan alat peraga pemilu 2004.

M Taufik terbukti bersalah dan merugikan negara sebesar Rp488 juta. Dia lalu menjalani hukuman penjara 18 bulan sejak 27 April 200. Sementara sikap Ketua Umum Partai Gerindra yang juga menjadi capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, dalam debat itu mengatakan tak masalah partainya mencalonkan mantan napi koruptor. Sebab, enam orang tersebut sudah pernah menjalani proses hukuman. Prabowo menyerahkan kepada masyarakat tentang calon legislatif yang pernah jadi napi korupsi dari partainya itu. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait