Benci Luar Biasa, Putri Diana Tega Dorong Ibu Tiri Hingga Jatuh dari Tangga

Binsar Hutapea | 21 Agustus 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama hidupnya, Putri Diana tak lepas dari konflik. Jauh sebelum pertengkaran dengan Pangeran Charles, Putri Diana lebih dulu bermusuhan dengan ibu tirinya.

Orang tua kandung Putri Diana, Frances Shand Kydd dan Earl Spencer, bercerai setelah serangkaian perselingkuhan dan juga KDRT. Setelah cerai, Diana yang kala itu berumur enam tahun kemudian tinggal bersama ayahnya. Saudara kandung Diana--Jane, Sarah dan Charles--juga ikut serta bersama sang ayah.

Belakangan, pada 1973, ayah Diana berselingkuh dengan sosialita London yang telah menikah, Raine McCorquodale--kemudian hari diberi gelar bangsawan Countess Spencer. Hubungan itu berlanjut serius. Earl kemudian menikah dengan Raine pada 1976.

Diana yang saat itu beranjak remaja rupanya tak menyukai hubungan ayahnya dengan Raine. Diana sangat membenci fakta bahwa perhatian dari sang ayah dicuri oleh wanita tersebut. Tak hanya Diana yang membenci Raine. Tiga saudaranya yang lain juga takmenyukai Raine. Diana dan saudara-saudaranya menjuluki ibu tiri mereka "Acid Raine" (pelesetan dari acid rain atau hujan asam). Mereka juga kerap menyindir ibu tirinya dengan nyanyian, "Raine, Raine, pergilah".

Yang kemudian terjadi, Diana kerap berseteru dengan ibu tirinya. Bahkan perseteruan itu kelak berujung pada kekerasan.

Dalam film dokumenter Princess Diana's Wicked Stepmother, pengamat Kerajaan Inggris Ingrid Seward mengatakan, "Semua anak Spencer berperilaku sangat buruk terhadap Raine, bukan hanya Diana saja. Mereka sengaja mengeroyoknya.”

Setelah menikah, Raine menetap dengan Earl dan anak-anaknya di Althorp. Raine lalu merenovasi rumah sesuai seleranya. Uang renovasi didapat dari menjual pusaka keluarga Spencer. Diana dan saudaranya sangat marah ketika melihat barang-barang keluarga mereka menghilang!

Pada 1981, Putri Diana dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris, Pangeran Charles. Momentum ini digunakannya untuk membalas dendam. Dia memulainya dengan meminta ibu kandungnya, Frances duduk di bagian depan Katedral St Paul, saat menikah dengan Pangeran Charles. Sementara Raine didudukkan di barisan belakang.

Ketegangan atara keduanya memuncak pada 1989 di sebuah pertemuan keluarga Spencer. Ketika itu Diana marah karena menganggap Raine tidak cukup memperhatikan ibu kandungnya, Frances. Segala kebencian pada Raine pun dikeluarkan Diana.

"Saya ingin mengungkapkan keluhan semua orang di keluarga saya," kata Diana seperti dikutip dalam buku Diana yang ditulis Sarah Bradford. "Saya mengatakan semua yang saya bisa ... Saya sangat membenci Anda, kalau saja Anda tahu betapa kami semua membencimu'."

Pertengkaran itu kemudian berujung pada kekerasan. Putri Diana lalu mendorong ibu tirinya itu dari lantai atas. Tubuh Raine pun terempas ke tangga.

“Semuanya terjadi di atas tangga,” Sue Howe, asisten pribadi Raine, mengklaim. “Dia (Diana) mendorongnya dan Raine jatuh dari tangga. Raine memar dan sangat marah. Itu tidak dibenarkan sama sekali. Itu adalah hal yang kejam dan tidak berperasaan untuk dilakukan,” sambungnya.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait