Sebulan Setelah Operasi Pendarahan Otak, Begini Kondisi Terbaru Tukul Arwana

Ari Kurniawan | 25 Oktober 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Akibat pendarahan di otak, Tukul Arwana harus menjalani operasi di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), pada 22 September 2021 lalu. Sebulan menjalani perawatan, pelawak kelahiran 16 Oktober 1963 itu mulai menunjukkan tanda-tanda positif. 

Rizki Kimon, manajer Tukul Arwana, menyebut Tukul sudah bisa merepons dan berkomunikasi dengan orang di sekitarnya, meski masih sangat terbatas. 

"Progresnya sangat baik. Yang kemarin belum ada respons, sekarang kalau ada yang buka pintu dia udah bisa nengok, 'Ini siapa' gitu. Kalau kemarin kan masih sedikit cuek," ungkap Rizki, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (25/10). 

Tukul Arwana saat ini menjalani perawatan di rumah. Kondisinya terus dipantau oleh dua perawat dan dokter dari RS PON. Dari perawat dan dokter itulah keluarga bisa mendapatkan perkembangan Tukul dari hari ke hari. 

Selain sudah bisa merespons, Rizki menyebut Tukul Arwana juga sudah mulai bangun dari tempat tidurnya dan belajar berjalan. "Beliau benar-benar punya semangat, punya keberanian untuk mengeluarkan tenaganya. Dia juga pengin berdiri. Dia berusaha berdiri," lanjutnya. 

Untuk makan, Tukul Arwana masih harus dibantu dengan selang nasogastric tube (NGT), yaitu selang lunak yang dipasang melalui hidung menuju lambung. "Kalau makanan pasti yang halus-halus. Puding, buah, jus, bubur, terus makanan khususnya beliau yang diberikan setiap hari," tuturnya.

Lebih lanjut, Rizki meminta doa dari masyarakat ikut mendoakan Tukul Arwana agar segera pulih dan bisa kembali beraktivitas. "Ya mudah-mudahan, dalam beberapa bulan ke depan beliau sudah bisa sembuh," pungkasnya. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait