Apple Keluarkan Emoji Terbaru Menghadirkan Keanekaragaman Warna Kulit

Khairiyah Sartika | 24 Februari 2015 | 16:58 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SAAT mengirimkan teks melalui perangkat smartphone, penggunaan emoji membuat percakapan terasa semakin berwarna. Emoji merupakan gambar digital kecil atau ikon yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau emosi dalam komunikasi elektronik.

Jika Anda memerhatikan, emoji yang menampilkan sosok wajah biasanya hadir dalam warna kulit terang. Kini, Apple menghadirkan sederet emoji baru yang lebih universal dan menghargai keragaman ras dan warna kulit.

Yakni dengan meluncurkan emoji terbaru dengan berbagai warna kulit mulai dari yang gelap hingga terang. Tak hanya berlaku bagi emoji bergambar wajah, ini juga diaplikasikan pada emoji yang melambangkan simbol jempol ke atas dan ke bawah. Ini nantinya juga akan diberlakukan bagi emoji yang menampilkan sosok putri, pekerja bangunan dan tak lupa sosok Sinterklas.

Keragaman warna kulit pada sekitar 300 emoji terbaru ini akan menjadi bagian dari perangkat Apple dengan platform iOS 8.3, namun belum dapat dipastikan kapan akan mulai digunakan.

Emoji pertama kali dicetuskan di Jepang dan kemudian dimasukkan ke dalam Unicode Standard pada tahun 2010. Apple pertama kali menggunakannya bersama iOS pada tahun 2011. Hingga kini, perangkat Apple dan sebagian besar perangkat Android juga dilengkapi dengan fitur emoji ini.

Tak hanya itu, Apple juga siap menambahkan 32 bendera negara dan menambah pilihan ikon keluarga.

"Apple mendukung dan peduli tentang keragaman, dan kini bekerjasama dengan The Unicode Consortium untuk meng-update standar agar dapat mewakili keragaman untuk kita semua," demikian disampaikan pihak perwakilan Apple seperti dilansir Independent UK.

Untuk menciptakan keragaman warna kulit, Unicode menggunakan skala Fitzpatrick yang secara orisinil dikembangkan oleh ahli kulit untuk mengklasifikasi perbedaan jenis kulit.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait