Cara Tasya Kamila Memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia

Yohanes Adi Pamungkas | 18 Agustus 2017 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Usia Tasya Kamila yang beranjak dewasa ternyata mempengaruhi kebiasaannya setiap merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Dulu saat masih sekolah Tasya Kamila wajib mengikuti upacara bendera di sekolah bersama guru dan teman-temannya. 

Sekarang setelah sudah menjadi mahasiswi S2, kebiasaan itu perlahan menghilang. "Dulu kan memang harus banget sebagai anak sekolah harus upacara kalau sekarang wujud rasa bangga kepada Indonesia bisa aku lakukan dengan cara lain," kata Tasya Kamila saat berbincang di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/8).

Cara yang dimaksud Tasya Kamila setiap memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dengan memaknai arti kemerdekaan sesungguhnya. Menurut Tasya Kamila, sekarang sudah saatnya bangsa Indonesia menunjukan kepada dunia sebagai bangsa yang berdaulat dan siap bersaing dengan Negara lain. "Karya anak muda harus bisa terdengar dan memberikan efek kepada Negara lain," ujar Tasya Kamila.

Saat ini Tasya Kamila sedang menimba ilmu Analisis Kebijakan Publik di Columbia University New York, Amerika Serikat. Dia berharap semakin banyak anak muda yang bisa sukses bersekolah di luar negeri dan kembali pulang membangun Indonesia. "Menuntut ilmu keluar negeri itu juga salah satu misi aku bisa membanggakan Indonesia," jelas Tasya Kamila yang mendapatkan kesempatan beasiswa di Amerika Serikat.

Satu hal yang diharapkan oleh Tasya Kamila adalah rakyat Indonesia harus menjunjung tinggi rasa toleransi sebagai masyarakat majemuk yanh terdiri dari ragam suku, budaya, bahasa, dan agama. "Jangan sampai terpecah karena konflik," pungkas Tasya Kamila yang saat masih kecil sering ikut lomba makan kerupuk saat memperingati hari Kemerdekaan Indonesia.

(han/ari)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait