Cerita Rachel Amanda Berjuang Melawan Kanker

Kiki Safitri | 22 Agustus 2017 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan artis cilik Rachel Amanda sempat menderita kanker tiroid, yang membuat dirinya sementara vakum dari dunia keartisan. Ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8) malam, Amanda sedikit bercerita soal penyakitnya. 

"Gejalanya macam-macam. Waktu itu aku kena hypertyroid, berat badan aku turun banget, deg-degan banget. Kalau gejala tiroid sih begitu. Kalau habis dioperasi minum obat aja kembli normal," tutur Rachel Amanda.

Rachel Amanda sempat menjalani operasi pada 2014 lalu untuk mengangkat tumor jinak dalam tubuhnya. "Prosesnya selama 2-3 jam. Karena tiroid itu kelenjar yang sangat penting dalam kehidupan, jadi diganti sama obat aja," lanjutnya.

Rachel Amanda saat ini menjalani pola hidup sehat. Dara 22 tahun itu sangat memerhatikan asupan makanan. 

"Sampai sekarang masih minum obat. Soal makanan lebih aku yang sadar diri aja sih. Dokter sempat kasih saran untuk aku ngurangin seafood," sebut Rachel Amanda. "Aku kemarin sempat keracunan Yodium, makanya disuruh kurangi seafood. Ya bagus juga, kan bisa ngurangin kolesterol," terangnya lebih lanjut. 

Sejauh ini Rachel Amanda tidak tahu pasti penyebab kanker tiroid yang dideritanya. Ia menduga ada pengaruh dari faktor genetik dan juga lingkungan yang kurang sehat. 

"Aku juga kena tiroid ini karena paparan bebas, asap rokok, dan makan seadanya di lokasi syuting. Tante aku juga Tiroid. Sekarang lebih berolah raga aja," tutup Rachel Amanda. 

(ki/ari)

Penulis : Kiki Safitri
Editor: Kiki Safitri
Berita Terkait