Pengalaman Cut Syifa Terpaksa Membatalkan Puasa Gara-gara Syuting

Indra Kurniawan | 27 Mei 2018 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Puasa di lokasi syuting kembali dijalani Cut Syifa (19). Ramadan tahun ini, Syifa membintangi sinetron Tiada Hari yang Tak Indah (THYTI) yang mengudara setiap hari di SCTV. Pemeran Cempaka ini tidak menganggap puasa sebagai halangan untuk bekerja maksimal.  

Ini bukan Ramadan pertama Syifa puasa di lokasi syuting. Ia sudah beberapa kali melalui bulan puasa di lokasi syuting; saat syuting Aisyah (2007), Jelita (2008), Dewi (2009), dan Tukang Bubur Naik Haji The Series (2012-2016).    

“Dari kelas 3 SD aku sudah terbiasa puasa di lokasi syuting. Dan alhamdulillah dari dulu sampai sekarang aku selalu kuat, karena aku selalu enjoy dan banyak teman yang puasa juga,” aku Syifa ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (14/5) lalu. 

Pemilik senyum manis ini mulai belajar berpuasa sejak kelas 1 SD. Ia berpuasa dengan kemauannya sendiri.

“Walau mengajariku berpuasa, Papa dan Mama enggak pernah memaksaku. Aku dikasih tahu, puasa Ramadan itu wajib untuk yang sanggup. Lalu aku lihat Papa dan Mama puasa, ya aku ikut-ikutan puasa,” cerita Syifa.

Awal belajar, umumnya anak-anak sebayanya, Syifa hanya sanggup melaksanakan puasa setengah hari. “Kelas 1 dan 2 SD aku puasa setengah hari dan sering bolong. Kalau sudah berbuka di siang hari biasanya enggak aku lanjutkan lagi, setop saja,” kata Syifa.

Orang tua terus memotivasinya. Mereka mengiming-iming dengan hadiah jika berhasil menjalankan puasa satu bulan penuh.

“Karena aku suka banget kue putri salju, jadi kalau aku puasa satu bulan penuh, aku dibelikan Mama putri salju. Aku sendiri enggak pernah minta apa-apa karena menurutku puasa itu ibadah dan ibadah itu kewajiban,” beri tahu Syifa.

Mulai kelas 3 SD, Syifa sudah mulai kuat satu bulan penuh. Pernah sekali waktu, karena tidak mampu lagi menahan haus, Syifa membatalkan puasanya.

“Itu terjadi waktu kelas 1 SMP. Kebetulan aku sedang syuting di Yogyakarta. Karena adegan yang aku mainkan berlatar luar ruangan dan cuaca saat itu panas banget, aku enggak kuat,” cerita Syifa.

Beberapa pemain lain dan kru juga membatalkan puasanya. “Tapi jangan ditiru, ya! Insya Allah kalau sudah niat puasa seperti sekarang, aku kuat,” kata aktris yang berulang tahun setiap 18 September ini.

(ind / gur)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait