Selamat Jalan, Ria Irawan (1969 - 2020)

Redaksi | 6 Januari 2020 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Maret 2019 saat bertandang ke kantor tabloidbintang.com bersama beberapa pemain film Kuambil Lagi Hatiku, kondisi Ria Irawan tampak segar bugar. Sama sekali tak terlihat kalau dia pernah divonis mengidap kanker. Dalam perbincangan dengan kami, Ria Irawan mengatakan sudah sembuh dari kanker yang diidapnya. Ria bahkan bercerita sering diminta jadi pembicara untuk memotivasi para penderita kanker agar tetap semangat dan sembuh. 

Kami sangat terkejut ketika Ria Irawan kembali dikabarkan dirawat karena kanker yang diidapnya pada November tahun lalu. Dan hari ini, Senin (06/01) menjadi hari terakhir perjuangan Ria Irawan melawan kanker. Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Kusuma Jakarta. Jenazah Ria Irawan akan dimakamkan di  TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, usai salat dzuhur.

Aktris senior Ria Irawan yang terlahir dengan nama Chandra Ariati Dewi Irawan, kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969, meninggal dunia pada Senin pagi (06/01) pada umur 50 tahun. Berayah seorang aktor (almarhum Bambang Irawan) dan beribu seorang aktris, Ade Irawan, Ria Irawan sudah memulai karier aktingnya sejak masih anak-anak. Beberapa film layar lebar sempat dia bintangi semasa masih anak-anak.

Kariernya sebagai pemain makin bersinar saat Ria Irawan beranjak remaja. Berkat aktingnya Ria Irawan sempat beberapa kali dinominasikan untuk meraih piala Citra dalam Festival Film Indonesia. Lewat film Selamat Tinggal Jeanette (1987) Ria Irawan berhasil memenangkan Piala Citra sebagai Pemeran pendukung wanita Terbaik di FFI 1988. Ketika film Indonesia mulai bangkit lagi setelah cukup lama tak banyak produksi, Ria Irawan tetap eksis. Aktingnya di film Berbagi Suami (2006), meski bukan pemeran utama, sangat mencuri perhatian dan berbuah penghargaan sebagai pemeran pendukung terbaik. Sampai tahun lalu, setelah dinyatakan sembuh dari kanker, Ria Irawan tetap aktif main film.

Selain main film, Ria Irawan juga sempat terjun sebagai penyanyi, baik sendiri maupun berduet dengan penyanyi lain. Ria juga pernah menyutradarai beberapa video musik saat pembuatan musik yang digarap serius mulai populer di Indonesia.

Saat TV swasta muncul dan mulai menggarap sinetron, Ria Irawan mencuri perhatian lewat perannya sebagai Juminten si penjual jamu dalam sinetron Liku Liku Laki Laki (1995). Sosok penjual jamu yang kenes, ceplas-ceplos, lucu, berhasil dimainkan Ria Irawan dengan menarik.

Sebagai artis populer, nama Ria Irawan beberapa kali menjadi bahan pemberitaan heboh, termasuk seputar kehidupan asmaranya. Setelah sempat beberapa kali dikabarkan pacaran, Ria Irawan menikah dengan seorang duda bernama Yuma Wiranatakusumah pada 1997. Sayang pernikahan mereka tak bertahan lama. Ria Irawan bercerai dengan Yuma dua tahun kemudian. Setelah sekian tahun menjanda, saat sudah dinyatakan mengidap kanker, pada Desember 2016 Ria Irawan menikah lagi dengan seorang pria bernama Mayky Wongkar. 

Ria Irawan bisa disebut sebagai salah satu aktris terbaik Indonesia. Totalitasnya dalam menghidupkan satu peran, baik pemeran utama atau pendukung, sangat mengesankan. Kecintaan pada profesinya terus hidup sampai akhir hayatnya. Selamat jalan, Ria Irawan, damailah di sisiNya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait