Mengenang 10 Artis Indonesia yang Meninggal di Tahun 2016 (1)

Abdul Rahman Syaukani | 30 Desember 2016 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tahun 2016 beberapa artis dipanggil menghadap Tuhan, meninggalkan orang-orang yang dicintai. Berikut ini kenangan 10 artis yang  meningggal di tahun ini.

1. Mike Mohede

Penyanyi jawara Indonesia Idol Michael Prabawa Mohede alias Mike Mohede meninggal dunia di usia muda, 32 tahun, saat tengah tertidur pulas di rumahnya, 31 Juli 2016 lalu. Dia meninggal dunia sekitar pukul 17.30 WIB akibat mengalami serangan jantung 

Untuk memastikan Mike Mohede meninggal dunia, pihak keluarga sempat membawa ke rumah sakit Bintaro, Jakarta Selatan. Pihak rumah sakit lantas memastikan kalau detak jantung Mike Mohede sudah berhenti.

Meninggalnya Mike Mohede menyedot perhatian banyak orang kala itu. Sejumlah artis ikut pada datang ke rumah duka, seperti Vina Panduwinata, Glenn Fredly dan masih banyak artis lain. Bahkan presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga ikut melawat ke rumah duka.

Jenazah Mike Mohede dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, dua hari setelah kematiannya. Kristina, kekasih Mike Mohede tampak ikut merasakan kesedihan dan kerap berada di rumah duka saat Mike Mohede meninggal.

2. Deddy Dores

Artis yang juga meninggal di tahun 2016 adalah musisi Deddy Dores. Musisi yang sukses mengorbitkan sejumlah penyanyi, seperti Nike Ardilla, dll, ini meninggal dunia dalam usia 65 tahun, tak lama setelah datang dari Singapura. Deddy Dores meninggal dunia di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang, akibat serangan jantung, pada Selasa, 17 Mei 2016.

"Jantung. Kena serangan jantung," ucap mantan istri Deddy Dores, Dagmar Clara Sunardi, saat ditemui di rumah duka di bilangan Bintaro, 18 Mei 2016 lalu.

Meninggalnya Deddy Dores yang mengejutkan menjadi pukulan pedih bagi keluarga besarnya. Pasalnya dia masih dalam keadaan sehat ketika itu dan tidak ada tanda-tanda sakit kecuali mengeluh kecapekan.
Deddy Dores dimakamkan di kampung halamannya, di TPU Poponclot, Desa Cijeler, Situraja, Sumedang, Jawa Barat. Deddy Dores meninggalkan 6 anak dan 4 cucu.

3. Eddy Silitonga

Artis yang juga tutup lembaran hidup di tahun ini adalah penyanyi legendaris Eddy Silitonga. Dia meninggal dunia di rumah sakit Fatwamati, Jakarta Selatan, pada 25 Agustus 2016 lalu, akibat menderita komplikasi penyakit. Eddy Silitonga dilarikan ke RS Fatmawati pada Rabu 10 Agustus 2016, setelah gula darahnya turun hingga ke angka 19. 

Detik-detik sebelum dinyatakan meninggal dunia, dokter berusaha sekuat tenaga untuk mengeluarkan racun di tubuhnya. Namun sayang nyawa Eddy Silitonga tak bisa diselamatkan. Jenazah Eddy Silitonga disemayamkan di Rumah Sakit Fatmawati. Pada 27 Agustus 2016, jenazahnya dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sesama penyanyi Batak merasa sangat kehilangan sosok Eddy Silitonga. Banyak ilmu yang ditularkan almarhum kepada penyanyi juniornya. "Bang Eddy ini selalu memberi motivasi kepada kami para penyanyi Batak. Dia itu blak-blakan orangnya. Kalau nyanyinya jelek dia bilang jelek. Tapi dari situ kita termotivasi," tutur Andi Situmorang, sahabat sekaligus Ketua Umum Persatuan Artis Batak Indonesia, kepada Tabloidbintang.com, Kamis, 25 Agustus 2016.

Yang cukup tragis, Eddy Silitonga tidak pernah mendapatkan royalti atas lagu-lagunya sampai dia meninggal. "Pesannya dia curhat. Dia enggak pernah dapat royalti apapun. Itu pesan beliau sebelum sakit," kata Ari Kusmiran, sahabat Eddy Silitonga di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2016.

4. Shinta Muin

Shinta Muin meninggal dunia di usia 63 tahun. Pemeran Hajjah Maemunah dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji ini meninggal dunia sekitar pukul 19.10 WIB, Selasa, 20 September 2016, dalam perjalanan menuju rumah sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

Meninggalnya Shinta Muin cukup mengejutkan bagi keluarga dan teman-temannya. Sebab dia tidak memperlihatkan tanda-tanda sakit. Bahkan Shinta Muin dan suami, Abdul Muin Ahmad sudah merencanakan untuk menunaikan ibadah umrah. 

Namun sebelum hal itu terwujud, Tuhan lebih dulu memanggilnya. "Memang ada rencana mau umrah, sudah bayar, masih nunggu (berangkat) November tahun ini sudah siap," ungkap Abdul Muin Ahmad di RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 20 September 2016.

Sekalipun dalam sinetron Shinta Muin kerap memerankan karakter antagonis, dalam kehidupan sehari-hari Shinta Muin dikenal sebagai pribadi yang baik. Jenazah Shinta Muin dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu, 21 September 2016.

 

(man/yb)

 

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait