Kepanikan Endy Arfian, Pemeran Toni di Film Pengabdi Setan versi Joko Anwar

Wayan Diananto | 7 Oktober 2017 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Syuting film Pengabdi Setan memasuki hari kesebelas. Lokasinya di Pengalengan, Jawa Barat.

Hari itu, seorang penata suara mengabadikan momen kesibukan pemain dan kru untuk diunggah ke medsos. Awalnya, tak ada yang aneh dengan rekaman itu. Detik-detik terakhir, terdengar suara asing dengan nada setengah menggertak. Bahasanya tak dipahami.

Salah satu kru mengatakan, itu bahasa Sunda lawas. Suara asing itu mengirim pesan berupa kalimat tanya, “Mau apa kamu (di sini)?” Mendengar suara itu, seluruh pemain panik. Salah satu yang ikut panik, Endy Arfian (16), pemeran Toni.

“Kami merinding. Itu berpengaruh pada mood para pemain,” cerita Endy Arfian di kantor Bintang, Jakarta, pekan lalu.

Pemain dan kru kemudian diperingatkan agar menjaga sopan santun di lokasi syuting termasuk tidak bicara kotor. Suasana makin mencekam saat sutradara Joko Anwar sengaja menciptakan aura seram. Saat adegan setan meneror, tidak semua kru diizinkan masuk ke dalam set. Saat mengeksekusi adegan dengan latar malam berasap, yang dibakar bukannya sampah daun atau kertas melainkan dupa.

“Bisa Anda bayangkan, bagaimana suasana lokasi hari itu,” imbuh Endy Arfian.

Pengabdi Setan tengah viral di medsos. Joko Anwar, yang merangkap penulis naskah, mengunggah sejumlah video reaksi penonton di dalam bioskop.

Video itu direkam sembunyi-sembunyi. Reaksi penonton beragam. Ada yang menjerit, menutup kuping, merem, sampai menyisir rambut teman saking takutnya.

Menyaksikan reaksi penonton, Endy Arfian optimistis filmnya mendapat apresiasi positif dari awam maupun kritikus.

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait