Aktris Tahun Ini: Marsha Timothy (Marlina, Si Pembunuh Dalam Empat Babak)

Wayan Diananto | 31 Desember 2017 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Performa Marsha Timothy (38) dalam lakon Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak merupakan medium bercerita yang membuat kita memahami mengapa Marlina harus menebas kepala laki-laki yang merasa punya hak untuk memerkosanya. Raut dan gesturnya begitu lentur.

Kita melihat kehilangan di wajahnya. Sesekali ada semburat kekecewaan, curiga, sedikit tersinggung, dan kembali berbinar (meski sangat sesaat) ketika berinteraksi dengan anak kecil bernama topan di kedai satai.

Marsha Timothy tampaknya telah menetapkan standar (yang tinggi) untuk memerankan tokoh yang satu ini. Sehingga, ketika tensi cerita sempat melorot di babak ketiga, kita tetap bertahan, menikmati, bahkan tak peduli karena perfoma Marsha Timothy kelewat asyik. Ini mengingatkan kami pada penampilan Cut Mini dalam Athirah. Meski penyuntingan adegannya beberapa kali memangkas emosi penonton, apa boleh buat, akting Cut Mini sekuat sihir!

Tebasan senjata tajam di leher si durjana adalah kekuatan. Diamnya Marlina saat satu demi satu tamu bergelimpangan, representasi amarah yang tak perlu diletupkan dalam teriakan. Keputusannya menempuh perjalanan dan meletakkan pedang di leher sopir, lambang kokohnya harga diri. Tak peduli betapa pun ia direndahkan di babak awal.

Inilah pertandingan akting yang dimulai dengan ketidakberdayaan dan berakhir dengan kedigdayaan. Marlina yang lahir dari rahim pemikiran Garin Nugroho dan dibidani duo Mouly Surya-Rama Adi, telah menemukan medium untuk membuat pernyataan sikap. Medium itu ada dalam diri Marsha Timothy. Belasan tahun ia berakting, Marlina dengan segala kompleksitasnya mengantar Marsha ke fase terpenting.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait