Asian Games 2018 Rangkul Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Jakarta

TEMPO Minggu, 14 Januari 2018 17:00:00
Jokowi dalam acara hitung mundur Asian Games 2018 (Tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Asian Games 2018 akan melibatkan lebih dari 20 ribu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Jakarta. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, saat ditemui di Jakarta Creative Hub, Sabtu, 13 Januari 2018. 

"Kita ingin melibatkan total antara 20 ribu sampai 25 ribu UMKM dari segi distribusinya. Kalau produksinya 300 sampai 350 (ribuan) untuk produksinya, tapi yang akan menjual akan banyak sekali," kata Sandiaga Uno.

Ajang olahraga empat tahunan tersebut akan diadakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Menurut Sandiaga, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan pendataan UMKM yang akan dilibatkan. Ia menilai perlu dilakukan hal tersebut lebih awal.

Sandiaga Uno (Tabloidbintang.com)
Sandiaga Uno (Tabloidbintang.com)

"Belajar dari Sea Games yang lalu dan ini kelihatannya kalau kita tidak belajar dari kesalahan yang lalu itu akan terulang lagi, yaitu kami (dulu) mendapat konfirmasinya terlambat sekali," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga menilai UMKM itu memiliki keterbatasan dalam permodalan dan keterbatasan waktu produksi. "Nah kita sudah memberi sinyal lampu hijau, kita akan mulai produksi dari sekarang. Kita akan paralel mengurus dengan Inasgoc dan Kemenpora," ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, nantinya produk yang akan diproduksi dan dipasarkan adalah kaos, topi, boneka, pin, jaket dan training suite. "Mungkin juga sepatu bekerja sama dengan produsen UMM, gantungan kunci juga," kata Sandiaga.

Mengenai permodalan, Sandiaga masih berhati-hati. "Kita serahkan (permodalan) pada industri pembiayaan, industri perbankan, karena track record Pemprov untuk memberikan pendanaan itu kurang baik," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan Pemprov akan berupaya menjembatani UMKM tersebut kepada perbankan untuk permodalan.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Wida Kriswanti
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.