Kisah Seram Praktik Mistis Kuman Thong Untuk Boneka Arwah Dari Thailand,

Vallesca Souisa Selasa, 11 Januari 2022 22:00:23
Film The Guardian. (Netflix)

TABLOIDBINTANG.COM - Akhir-akhir ini boneka arwah menjadi pembicaraaan di beberapa kalangan. Tepatnya, setelah Ivan Gunawan membuat geger, menunjukkan dirinya bersama dua boneka lucu, yang dianggapnya sebagai anaknya sendiri. Enggak hanya Ivan Gunawan, menyusul selebriti lain yang juga suka memlihara boneka yang serupa anak balita, dan memang dianggapnya seperti anak sendiri. Dari sini, entah bagaimana berita yang beredar jadi berkembang berkembang, ramai membicarakan kisah boneka arwah.

Boneka arwah, boneka yang penampakannya seperti anak kecil, tapi berisi ruh, memang ada. Lucu, menarik tampilannya, tetapi menyimpan misterinya sendiri. Di Thailand, ternyata memang ada praktik ilmu hitam, memasukkan jiwa dari bayi atau janin yang sudah mati ke dalam boneka, hingga akhirnya boneka ini “bernyawa”.

Praktik ini juga sempat diceritakan dalam film thriller yang baru ditayangkan oleh Netflix, berjudul The Guardian. Dikisahkan, dalam film ini, seorang artis baru yang ingin popular dan kaya diberitahu untuk memelihaara boneka arwah seperti anak, agar memeroleh keberuntungan. Di film ini juga dikisahkan, bagaimana ritual membuat sebuah boneka menjadi ber-ruh, yakni dengan ritual pemanggilan arwah. Oleh salah satu tokoh di film ini, ditunjukkan-lah praktik pemanggilan arwah di Thailand, yang disebut Kuman Thong.
Ritual ini memang dipercaya di kalangan masyrakat Thailand. Konon boneka yang diisi ruh ini, bisa menjaga si pemiliknya, maupun memberikan kebruntungan, baik berupa karier yang melesat, hingga kekayaan. Apapun yang diinginkan si pemilik.

Dikutip dari akun TikTok @chinese_server, boneka arwah ini di Thailand disebut dengan Luk Thep, merupakan boneka yang dirancang mirip anak kecil rupawan.
Tak sekedar boneka biasa, di dalam boneka tersebut dipercayai terdapat arwah atau ruh anak kecil yang telah meninggal dunia, ketika ia masih dalam Rahim atau arwah anak yang meninggal di usia masih sangat muda.

Boneka—yang sesungguhnya benda mati--menjadi “hidup” atau “bernyawa” lewat praktik ilmu hitam tadi, Kuman Thong (anak emas) karena sebagian terbuat dari emas. Kuman Thong sendiri seperti semacam jimat. Ilmu hitam ini berasal dari zaman Ayuthai. Janin yang sudah meninggal saat masih dalam perut ibu, dikeluarkan, kemudian dikeringkan, dan kemudian dimasukkan ke dalam boneka.

Ritual memasukkan janin kering itu ke dalam boneka disertai dengan berbagai macam mantra, untuk memanggil arwah anak, sehingga si arwah si anak mau bersemayam dalam boneka. Selain pemanggilan, si dukun ilmu hitam, juga membaluri boneka dengan minyak khusus, yang bernama “namanphay”.

Bagi yang sudah memelihara boneka ini, mau tak mau harus terus memelihara dan menghidupinya. Jika di tengah jalan membuang, maka waspadalah, hal-hal tak baik kan menghampiri. Ibaratnya, seperti dijelaskan di film The Guardian, Anda sudah menjanjikan, memberikan hidup pada janin yang sudah mati. Lalu mengambil kehidupan itu lagi?Maka bukan tak mungkin, arwah tersebut akan marah. Konon, praktik membuat boneka Kumanthong saat ini masih ada di Thailand, meski illegal.


Penulis Vallesca Souisa
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore