Denpasar Masuk Daftar 10 Kota Paling Sehat Dunia

TEMPO Sabtu, 12 Januari 2019 10:30:21
Bali (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Denpasar masuk dalam daftar 10 kota tersehat dunia menurut TravelSupermarket, perusahaan layanan wisata yang berbasis di Inggris. "Kota Denpasar adalah satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar 10 kota tersehat itu," kata Dewa Gede Rai, Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Denpasar di Denpasar, Kamis 10 Januari 2018.

Urutan pertama kota tersehat diraih oleh Paris, Prancis. Posisi berikutnya secara berurutan adalah Kota Chiang Mai, Thailand; Barcelona, Spanyol; Pattaya, Thailand; Vancouver, Canada; Miami, Amerika Serikat; San Francisco, Amerika Serikat; Lisbon, Portugal; Denpasar, Indonesia; dan Buenos Aires, Argentina.

Dalam menyusun peringkat kota tersehat ini, TravelSupermarket memanfaatkan beragam sumber data, seperti kelompok peneliti pasar Euromonitor International, TripAdvisor, Yelp, dan World Weather and Climate. TravelSupermarket juga menggunakan beberapa aspek penilaian untuk mengukur kesehatan sebuah kota. Beberapa variabel penilaian itu antara lain, jumlah taman atau ruang terbuka hijau dan pusat kebugaran.

Masuk juga unsur penilaian berupa tempat spa, studio yoga, studio pilates di sebuah kota sampai jumlah toko makanan sehat dan restoran vegan di setiap kota. TravelSupermarket kemudian membandingkan data tersebut dengan luas kota untuk mengetahui angka densitas per kilometer persegi.

Tim analisis dari TravelSupermarket juga memperhitungkan cakupan paparan matahari per tahun dan rata-rata harga menginap di hotel. Dari beragam data tadi, TravelSupermarket membuat daftar 50 kota tersehat di dunia.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Ari Kurniawan
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.