Kiat Mompreneur Tata Irianty Bisnis Beromzet Ratusan Juta dengan Modal Rendah

Redaksi | 24 Juni 2021 | 14:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Apakah ibu sudah punya usaha sampingan selain menerima nafkah dari suami? Ya, Bunda harus memikirkan dan mengusahakan ini agar bisa memiliki penghasilan bulanan. Apalagi, bisnis kini makin mudah dengan dipermudah teknologi. Dalam membuka sebuah bisnis maka hal yang penting dilakukan adalah memperkenalkan produk ke masyarakat lewat teknik marketing. Salah satu Momrpreneur, Meita Irianty yang merupakan pemilik Sarian Skincare membagikan beberapa teknik marketing yang murah agar produk bisa dipasarkan dengan baik.

Sarian Skincare sendiri saat ini telah memiliki pengikut 115 ribu followers di Instagram sejak bisnis tersebut resmi beroperasi pada 2019. Meita atau biasa dipanggil Tata mengatakan Bisnis yang berbasis online miliknya juga telah bisa mengantongi omzet Rp.200 juta hingga Rp.400 juta, dengan setidaknya 10.000 produk terjual setiap harinya.

Rahasia dari suksesnya bisnis milik Tata tersebut tak terlepas dari teknik marketing yang dilakukan dirinya. Dalam bisnis online ia menyebutkan bahwa biaya marketing untuk bisnis online tidaklah besar karena hanya membutuhkan konten, foto hingga narasi soal produknya. Kemudian untuk memaksimalkan marketing, Tata mengambil budget 10 persen dari omset untuk melakukan promosi dan pemasaran selama sebulan.

"Caranya marketing maksimal di online kita ambil omset 10 persen kita gunakan untuk marketing sebulan kedepan," katanya, Kamis, (24/6/2021).

Biaya untuk marketing itu nantinya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membiayai koordinator influencer, dimana tugasnya mencarikan selebgram untuk mengiklankan produknya.

Ia mengatakan biaya untuk menggunakan jasa endorse untuk sekitar 20.000 ribu follower bisa memakan biaya Rp500 ribu dan berikan produk gratis untuk digunakan.

"Kita punya koordinator influencer untuk mencari selebgram yang katakanlah followers 20.000. kasih produk dan fee maksimal 500 ribu nanti all out impactnya," katanya.

Selain itu Marketing juga dilakukan memaksimalkan penjualan, seperti diketahui Sarian Skincare sendiri tidak menjual produknya langsung kepada pembeli. Tata sendiri memiliki beberapa distributor dan reseller untuk menjual produknya. Maka dari itu untuk meningkatkan penjualan maka ia memberikan bonus bagi distributor dan reseller yang mampu memenuhi target penjualan.

"Bagi distributor yang mencapai pembelian hingga Rp20 juta bakal diberikan 1 gram emas jadinya ini tambah semangat plus saya kasih potongan 5 persen. untuk reseller saya kasih minigold 0,5 gram. ini masuk budget marketing," ungkapnya.

Kemudian Tata juga mengatakan marketing yang juga bisa berhasil dengan menggunakan personal branding, dimana dirinya juga menggunakan produknya sendiri sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli. "Kemudian personal branding juga penting, sebab orang lebih percaya, pemiliknya pakai juga produk buatannya," katanya.

Tata mengatakan meski nantinya marketing tidak optimal meningkatkan penjualan, namun setidaknya brand awareness di masyarakat sudah mulai tumbuh yang berdampak pada produk yang dijual dikenal banyak orang.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait