Edisi Istimewa Ulang Tahun ke-27 Tabloid Bintang Indonesia

Suyanto Soemohardjo | 5 Maret 2018 | 14:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, 5 Maret 2018 Tabloid Bintang Indonesia genap berusia 27 tahun. Usia ini mengacu pada awal penerbitan Tabloid Bintang dengan manajemen sekarang, yaitu pada Maret 1991. Surat izin penerbitan Tablid Bintang sendiri sudah ada sejak Februari 1985. 

Dulu setiap media cetak yang akan terbit harus punya surat izin penerbitan pers (SIUPP) yang dikeluarkan Departemen Penerangan. Tapi mengurus SIUPP tidak mudah, dan sering kali memakan waktu lalu. Beberapa media cetak baru tak jarang memanfaatkan SIUPP lama yang sudah dimiliki pihak lain.

Lanskap bisnis media cetak saat ini dibanding ketika Tabloid Bintang terbit di awal 90-an tentu saja sudah sangat jauh berbeda. Dulu tabloid penyaji berita hiburan seperti Bintang hanya bersaing dengan tabloid sejenis yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Tak ada infotainment, belum ada media online, apalagi sosial media. Tapi setiap masa punya tantangannya sendiri. Meski praktis hanya bersaing dengan tabloid sejenis, membuat headline yang bisa mendongkrak oplah juga bukan perkara mudah.

Edisi ultah ke-27 ini Tabloid Bintang menampilkan pasangan Verrell Bramasta-Natasha Wilona yang sedang naik daun lewat sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta. Juga menghadirkan kembali rubrik-rubrik lama yang di awal kemunculannya sekaligus sebagai penegas identitas tabloid ini, seperti Jendela Rumah Tangga, Fams, Persahabatan. Ada satu masa ketika pengelola tabloid Bintang ingin memaknai bahwa dunia hiburan bukan cuma gosip dan sensasi. Para selebriti juga manusia biasa, punya keluarga, teman, dan memiliki momen-momen personal. Menampilkan artis yang menikah dan melahirkan di cover, menandai awal perubahan Tabloid Bintang, sesuatu yang dianggap baru di zaman itu.

Di awal kemunculannya Tabloid Bintang menghadapi tantang besar untuk bisa survive. Perjalanan waktu bersamaan perubahan tren yang terjadi di industri hiburan memaksa tabloid ini terus menyesuaikan diri, berinovasi, agar tetap eksis. Kini Tabloid Bintang berada dalam situasi yang tak mudah di tengah perubahan di era digital. Mengerahkan jurus lama untuk menghadapi tantangan baru hanya akan menghabiskan energi. Tapi kami percaya selalu ada jalan keluar di tengah masa paling sulit sekali pun.

Selamat ulang tahun ke-27 Tabloid Bintang Indonesia, dan selamat pada Anda semua yang selama ini menjadi pembaca setia.

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait