Senegal Bukan Lawan Mudah, Inggris Siap untuk Adu Penalti

| 4 Desember 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Adu penalti menjadi momok bagi Timnas Inggris. Terakhir, adu penalti mereka berakhir dengan kekalahan melawan Italia di Final Euro 2020. Karenanya, dalam laga menghadapi Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022, pelatih Gareth Southgate mengatakan Inggris secara mental dan fisik siap untuk adu penalti. 

The Three Lions bakal menghadapi lawan tangguh, juara Afrika di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Al Khor Stadium. Inggris lolos sebagai juara Grup B dengan poin 7, hasil dari 2 kemenangan dan 1 kali imbang. Satu-satunya hasil imbang didapat kontra Amerika Serikat.

Senegal melangkah ke babak 16 besar usai menjadi runner up Grup A dengan poin 6. Senegal hanya satu kali menelan kekalahan saat menghadapi Belanda pada laga pertama. Dua kemenangan Senegal dipetik dari Qatar dan Ekuador.

New_lineTimnas Inggris siap jika harus adu pena penalti dengan Senegal. (Instagram)

Ini pertemuan pertama Inggris dan Senegal di Piala Dunia. Di atas kertas, Inggris jauh lebih diunggulkan dari Senegal. Banyak faktor. Di babak penyisihan grup, Harry Kane dkk merupakan salah satu tim tersubur dengan 9 gol atau rerata 3 gol per gim. Senegal hanya memasukan 5 gol.

Statistik Whoscored juga menunjukkan anak asuh Gareth Southgate melesakkan rerata 13 tembakan perlaga. Presentase konversi golnya mencapai 23 persen. Unggul dari Senegal yang presentase konversi golnya hanya 11 persen.

Inggris belum pernah kalah dalam 20 pertandingan melawan tim-tim di Afrika, sehingga menatap laga lawan Senegal dengan percaya diri yang tinggi. Tekad Inggris mencapai babak perempat final amat besar.

Mereka ingin mencapai babak perempat final di Piala Dunia berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2002 dan 2006 di bawah Sven-Goran Eriksson. Sayang mereka selalu gagal meraih juara. 

Kegagalan adu penalti menjadi pembelajaran berharga bagi Gareth Southgate. Karenanya, sang pelatih telah mempersiapkan secara matang jika di laga kontra Senegal harus diakhiri lewat adu penalti. 

"Kami telah memenangkan dua dari tiga adu penalti dan melihat bagaimana kami dapat meningkat. Tentu saja, ada banyak aspek yang mesti kami perbaiki. Tapi kami siap (jika harus adu penalti)," kata Southgate pada jumpa pers prapertandingan dikutip dari skysports.


Prakiraan Susunan Pemain:

Inggris (4-3-3): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Henderson, Bellingham, Rice; Rashford, Harry Kane, dan Fodden. 

Senegal (4-3-3): Mendy; Sabaly, Koulibaly, Diallo, Jakobs; P. Gueye, N. Mendy, Ciss; Ndiaye, Dia, Sarr. 

Penulis :
Editor:
Berita Terkait