Bukan Oliver Stone, Hanung Bramantyo yang Akhirnya Menyutradarai Bumi Manusia

Nanda Indri Hadiyanti Jumat, 25 Mei 2018 17:30:29
Hanung Bramantyo (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak sineas ingin mengangkat novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer menjadi film layar lebar. Termasuk Hanung Bramantyo, yang sempat ingin memfilmkan novel tersebut pada 2008 lalu. Namun belum berjodoh, keinginan itu pun tak terlaksana.

Ternyata itu bukan pertama kalinya Hanung Bramantyo gagal memfilmkan novel Bumi Manusia. "Pertama kali membaca saat kuliah. Saya pernah bertemu dengan Pak Pram ketika ada di semester dua. Saya datang ke rumah bilang mau memfilmkan. Pak Pram cuma ketawa, saya masih inget. Dia bilang, bung ini film sudah dibeli Oliver Stone, jadi mohon maaf kalau saya terkesan tidak mendukung mahasiswa seperti Bung. Saya orang yang hidup dari menulis jadi tolong Bung mengerti saya," cerita Hanung Bramantyo saat ditemui di Desa Gamplong, Yogyakarta, Kamis (24/5).

Kejadian tak berjodoh terulang di 2008, hingga Hanung Bramantyo berusaha melupakan proyek Bumi Manusia dan mulai membuat beberapa film biopik tokoh-tokoh besar di Indonesia.

"Setelah AAC (Ayat Ayat Cinta) ada yang menawari saya bikin film dari buku Pak Pram, Bumi Manusia. Saya wah udah sujud syukur mau ngapain. Akhirnya saya nelepon Aris (Salman Aristo) minta buatkan skenario dan dia nolak. Pada akhirnya proyek itu nggak jadi. Dari situ saya membuat banyak film biopik dari Sang Pencerah hingga Kartini. Barangkali dari perjalanan seperti itu saya akhirnya dipertemukan kembali dengan Bumi Manusia," lanjutnya.

Kegagalan itu akhirnya berujung manis karena akhirnya Hanung Bramantyo benar-benar akan menyutradarai film tersebut. Suami Zaskia Adya Mecca itu pun bersyukur pernah gagal menggarap Bumi Manusia 10 tahun lalu. Karena menurutnya, kalau saat itu dirinya jadi membuat film Bumi Manusia pastinya hasilnya tak akan maksimal.

Pada Juli mendatang, Hanung Bramantyo akan memulai syuting Bumi Manusia dengan beberapa pemain yang sudah tak asing lagi di dunia layar lebar dan juga teater. Minke, tokoh utama di film ini akan diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Annelies akan diperankan oleh Mawar De Jongh dan Sha Ine Febriyanti akan memerankan Nyai Ontosoroh. Sementara dua nama artis senior, Donny Damara dan Ayu Laksmi akan berperan sebagai orang tua Minke di film tersebut.

(nda/ray)

Penulis Nanda Indri Hadiyanti
Editor Panditio Rayendra
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.