Bareng Ganeswara, Candil Ungkap Kegelisahan akan Masa Depan Bangsa

Ari Kurniawan | 16 Agustus 2019 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyambut perayaan Kemerdekaan RI yang ke-74, kelompok musik Ganeswara meluncurkan sebuah karya musik berjudul Hari Baru. Lagu karya Toni Sianipar itu bercerita tentang kehidupan Indonesia setelah Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Beberapa bulan yang lalu beberapa orang alumni ITB berbincang tentang keinginan memberi bagi negeri. Spontan timbul ide kecil yang terus meningkat menjadi serius untuk menyumbangkan pemikiran melalui lagu,” papar Toni Sianipar, di sela acara Indonesianisme Summit di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Ide tersebut lantas dilempar ke beberapa komunitas di lingkungan alumni ITB dan mendapat respons positif. Proses penggarapan lagunya sendiri, kata Toni, berlangsung sangat singkat. 

“Bagaikan Bandung Bondowoso, kelompok Ganeswara ini sudah mewujudkan karya sebuah lagu lengkap dengan video-klipnya. Sebenarnya bahan untuk ide lagu ini sudah menumpuk di kepala,” ungkapnya.

Lagu Hari Baru mengajak masyarakat untuk kembai bersatu setelah sempat terpecah-pecah akibat Pemilu dan Pilpres. 

Ada banyak penyanyi yang dilibatkan dalam proyek ini, di antaranya Annissa, Ferina Widodo, dan Candil.
 
Candil di temat yang sama mengatakan bahwa lagu Hari Baru menggambarkan kegelisahannya dan Ganeswara tentang masa depan Indonesia.

"Pas dengar lagu ini tuh kayak ada tempat untuk salurkan kegelisahan ini," ujar Candil.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait