7 Tahun Absen, Riri Riza Akhirnya Hadir di FFI 2014

Ari Kurniawan | 7 Desember 2014 | 09:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) 2007, industri perfilman Tanah Air seolah pecah jadi dua kubu.

Kubu "anak muda" yang dimotori Mira Lesmana, Riri Riza, dan kawan-kawan, memutuskan untuk tak lagi terlibat dalam penyelenggaraan FFI.

Namun di FFI 2014 ini, Mira memutuskan untuk kembali bargabung. Ini ditandai dengan diikutsertakannya film "Sokola Rimba" dalam tahap penjurian.

"Ketika itu kami memutuskan untuk tidak ikut dalam sebuah penyelenggaraan yang perbaikannya tidak esensial," cetus Riri Riza, usai menerima Piala Citra sebagai Penulis Skenario Adaptasi Terbaik di Palembang Sport Convention Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (6/12).

Menurut Riri, FFI tahun ini sudah mengalami banyak perbaikan. Kehadiran presiden Joko Widodo atau Jokowi, dianggap pria berambut keriting itu, sebagai sebuah sinyal dukungan dari pemerintah yang cukup menggembirakan.

"Saya senang FFI sudah punya pijakan lebih baik, sudah ada UU-nya, sudah dipegang sama BPI. Sistem penjurian juga lebih terbuka. Ada janji lebih baik untuk perfilman Indonesia," sebutnya.

(ari/yb)

 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait