Epen Cupen, Pembuktian Masyarakat Papua Bisa Jadi Youtuber

Andira Putri | 12 November 2017 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sepak terjang Youtuber tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Tetapi, penggunaan Youtube juga marak terjadi di daerah - daerah lain selama setahun belakangan.

Pertumbuhan Youtuber luar Jakarta tergolong pesat. Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria mengungkapkan jika ada 15 Youtuber luar Jakarta yang mendapat lebih dari 100.000 subscribers dalam jangka waktu setahun belakangan. 

Mereka berhak menerima plakat Silver Play Button sebagai apresiasi dari Youtube. Salah satu yang menerima penghargaan adalah channel Epen Cupen.

Epen Cupen terbilang mencuri perhatian. Bagaimana tidak, channel ini didirikan oleh sekumpulan masyarakat Papua. Mereka mulai aktif menggunakan Youtube sejak tahun 2010.

“Iseng aja. Modal kamera yang biasa lalu modal kita buat karena semangat. Kita nekat buat video terus upload di Youtube,” tutur perwakilan Epen Cupen, Nato seusai konferensi pers Youtube Fanfest 2017 di Shangrilla Ballroom, Gandaria City, Jakarta Selatan pada Jumat (10/11).

Epen Cupen memiliki arti cukup penting dan lebih penting. Channel ini menampilkan kehidupan sehari-hari masyarakat Papua. Semua dibalut dengan unsur komedi yang santai.

“Konten kita tentang keseharian orang Papua. Konten kita menunjukan apa yang positif dari masyarakat Papua. Di Papua itu, kebanyakan disorot itu orang mabuk terus pembunuhan. Kita angkat sisi baik daerah kita dalam Epen Cupen,” terang Nato.

Keberadaan Epen Cupen disambut antusias oleh netizen. Video-video mereka telah ditonton hingga jutaan orang.

“Lama-lama orang suka terus kita sampai ditonton 6.000.000 orang. Akhirnya kita tambah buat lagi,” lanjut Nato. Ketertarikan netizen terhadap Epen Cupen membuka kesempatan baru bagi mereka. 

Para pendiri channel Epen Cupen turut diajak membintangi film Molulo : Jodoh Tak Bisa Dipaksa tahun 2017. Kemudian mereka akan terlibat produksi film lain di bulan Desember.

Kesuksesan Epen Cupen tentu memberikan inspirasi bagi masyarakat luas. Mereka pun memberikan pesan singkat kepada orang-orang yang ingin mencoba peruntungan sebagai Youtuber.

“Hal terpenting adalah semangat, jangan putus asa, fokus, dan buat yang terbaik untuk Indonesia,” pungkas Nato.

 

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait