5 Film Oscar yang Layak Ditonton Ulang versi Riri Riza

Wayan Diananto | 4 Februari 2018 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Riri Riza menyebut 5 film nomine Oscars yang layak ditonton ulang. Tiga dari lima film yang direkomendasikannya memborong nominasi tahun ini. Masih ada yang beredar di bioskop, lo jika tak ingin ketinggalan ingar bingar Oscars tahun ini. 

1.    Dunkirk (Christopher Nolan, 2017)

Salah satu petarung Oscars yang sangat layak ditengok ulang. Riri tidak tahu detail sejarah insiden Dunkirk di era perang dunia.

Namun Christopher Nolan membuatnya paham dan berempati terhadap mereka yang terlibat dalam serangan mematikan itu. Sebagai penonton, ia merasa dilibatkan dalam pertempuran dengan mengenal satu demi satu karakternya.

“Ketegangannya dijalin intens, berbeda dengan mayoritas film perang umumnya. Tidak sekadar menyuguhkan peperangan, Dunkirk memperlihatkan bagaimana masyarakat sipil punya andil dalam menggemakan suara kemanusiaan dan nasionalisme. Film seperti ini selera para juri Oscars,” Riri mengulas. Dunkirk meraih 8 nominasi Oscars.

2.    Get Out (Jordan Peele, 2017)

Salah satu kuda hitam di ajang Oscars tahun ini. Get Out memperoleh 4 nominasi untuk Film, Naskah Asli, Sutradara, dan Pemeran Utama Pria Terbaik. Kunci sukses film ini, menurut Riri, terletak pada tema yang dikembangkan menjadi skenario cerdas.

“Ia mampu mewakili isu sensitif di Amerika Serikat belakangan ini, rasisme. Dikemas ringan. Ide orisinal adalah kekuatan yang tak dapat dibantah hingga akhirnya mendapat pengakuan dari berbagai juri festival,” Riri menjelaskan. 

3.    Darkest Hour (Joe Wright, 2017)

Jika Academy Awards diibaratkan meja makan, maka film biografi adalah menu tetap. Setiap tahun ada saja film biografi yang dinominasikan. Tak jarang, aktor atau aktris utamanya membawa pulang Piala Oscar.

Lewat Darkest Hour, Gary Oldman memetik kemenangan di Golden Globes dan SAG Awards. Riri menduga, mudah bagi Gary untuk membawa pulang Piala Oscar tahun ini, apalagi Darkest Hour diganjar 6 nominasi.

4.    Pulp Fiction (Quentin Tarantino, 1994)

Dalam pandangan Riri, Quentin seniman yang hormat terhadap seni dan cinta film. Ia pintar menulis. Selera pengambilan gambarnya sangat bagus. Riri sudah menonton semua karya Quentin dan mengagumi penuturannya yang tak biasa.

“Pulp Fiction yang ditulis Quentin bersama Roger Avary sebuah pencapaian besar di bidang penulisan naskah asli di dekade 1990-an,” Riri menyanjung.

5.    There Will Be Blood (Paul Thomas Anderson, 2007)

There Will Be Blood salah satu peninggalan terbaik Daniel Day-Lewis yang tahun lalu mengumumkan pensiun dari dunia akting. Lewat film ini, ia meraih Piala Oscar kedua. Daniel meraih 3 piala dari 6 nominasi sepanjang kariernya. Film terakhirnya, Phantom Thread, diganjar 6 nominasi Oscars tahun ini termasuk Aktor Terbaik untuknya. 

(wyn  / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait